Berita

UINSA Newsroom, Ahad (22/10/2023); Jadilah pribadi yang selesai. Seperti santri, selesai dalam urusan keislaman dan kebangsaan. Islamnya mapan, nasionalismenya terdepan. Selamat Hari Santri 2023. Jihad Santri, Jayakan Negeri,”

Pesan Rektor yang di-blast melalui WA Official PUSTIPD tersebut menandai momen perayaan Hari Santri di UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Bertepatan dengan digelarnya Apel Hari Santri 2023 yang berlangsung meriah. Dipimpin langsung Kepala Pusat Ma’had Al Jamiah, apel digelar di Halaman Gedung Twin Towers UINSA Kampus A. Yani Surabaya, Ahad, 22 Oktober 2023.

Usai apel, para peserta pun berkumpul di Gedung Auditorium untuk bersama menggelar Tasyakuran Hari Santri lengkap dengan tumpeng sebagai sajian. Rektor dalam sambutannya mengajak kepada segenap peserta apel untuk selesai dengan dirinya agar dapat menyelesaikan problem tempat kerja serta bangsanya.

“Urusan selesai dengan diri sendiri tidak ada kaitannya dengan gelar. Urusan selesai dengan diri sendiri tidak ada kaitannya dengan usia,” ujar Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D.

Rektor secara tegas juga mengajak kepada para peserta apel agar senantiasa menjadi pribadi yang clean and clear dalam kehidupan sehari-hari. “Kalau tidak bisa jangan berbuat salah, kalau berbuat baik tidak mampu,” imbuh Prof. Muzakki. Terutama, lanjut Rektor, hindari mengumbar emosi di ruang publik.

Di era digital, menurut Rektor, menuntut etika dalam bermedia sosial. Karena karakter seseorang dapat terbaca dari jejak digital yang ditinggalkan. “Hari santri mengingatkan kepada kita semua, mari menjadi orang yang tidak kehilangan jati diri,” tegas Prof. Muzakki.

Membangun kematangan pribadi dan kemuliaan melalui spiritualitas, lanjut Rektor, menjadi tanggung jawab bersama untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. “Buat apa kita shalat mententeng, jika ternyata hubungan kemanusiaan kita bermasalah. Buat apa kita ibadah mahdhoh-nya luar biasa, kalau di ruang publik kita tidak bisa menampilkan kepribadian yang baik,” lanjut Prof. Muzakki.

Kegiatan tasyakuran ini dihadiri segenap peserta Apel Hari Santri 2023 yang terdiri dari jajaran tim manajemen, dosen dan tenaga kependidikan, serta Mahasantri UINSA Surabaya. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya