Berita

FDK UINSA Newsroom, Minggu (22/10/2023); UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) mengirim sembilan delegasi dosen dan mahasiswa untuk mengikuti International Communication Competition (ICC) yang diselenggarakan oleh Binus University pada 19-26 Oktober 2023. Empat delegasi dosen memiliki peran yang berbeda; Dr. Fikry Zahria Emeraldien S.I.Kom., M.A sebagai speaker, Moh. Khoirul Anam, M.Li sebagai moderator, Afifatur Rohmah,M.I.Kom menjadi juri, dan Yunda Presti Ardilla, S.Kom.I., M.Si. menjadi mentor. Sementara itu, terdapat lima mahasiswa berpartisipasi sebagai peserta dalam acara kompetisi internasional ini. Semua berasal dari Program Studi Ilmu Komunikasi serta Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK).

Kompetisi ini merupakan kolaborasi antara beberapa universitas di Asia Tenggara, yang mana salah satunya adalah UINSA. Tahun ini, ICC memiliki tema Creative Communication for Empowering the Digital Society.

“Latar belakang diselenggarakan kompetisi ini adalah karena masifnya perkembangan teknologi digital khususnya media sosial saat ini, yang menuntut untuk selalu inovatif dan kreatif. Untuk itu, komunikasi kreatif menjadi tema utama dalam kompetisi ini, yang bertujuan untuk membangun kesadaran mahasiswa Ilmu Komunikasi tentang pentingnya komunikasi kreatif dalam dunia digital,” terang Siti Nadia Zainal, panitia dari BINUS University.

International Communication Competition 2023 ini merupakan acara tahunan yang dicetuskan oleh Binus University. Pada kesempatan kali ini, Binus University menggandeng universitas lain, seperti UIN Sunan Ampel Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, University of Technology Mara, Melaka, dan University of Santo Tomas, Philippines.

“Alhamdulillah senang sekali kami bisa bekerja sama dengan BINUS University untuk mengikuti ICC. Kesempatan ini merupakan yang pertama kalinya bagi UINSA, diwakili oleh prodi ILKOM dan KPI. Semoga ke depannya kerja sama ini bisa berlanjut ke bidang lainnya dalam ranah pendidikan tinggi,” ujar Fikry Zahria Emeraldien selaku koordinator projek kegiatan ini.

Dosen FDK UINSA ini juga menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap. Mahasiswa sebagai peserta sekaligus sasaran utama dalam proyek ini akan mengikuti sesi webinar, mentoring, dan kompetisi yang dilaksanakan selama sepekan.

“Bentuk kegiatannya nanti setiap mahasiswa akan mengikuti webinar selama tiga kali dalam satu pekan. Mereka juga dikelompokkan menjadi satu tim yang akan menjalani sesi mentoring dan berkompetisi pada hari terakhir acara ini. Mohon doanya agar UINSA menang yaa,” pungkas Fikry Zahria Emeraldien.  (Fky)