UINSA

Kontak

+62 811-3060-117

Email

humas@uinsby.ac.id

Jl. Dr. Ir. Soekarno No. 682 Gunung Anyar, Surabaya 60294

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Visi

“Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang Unggul dan Kompetitif bertaraf Internasional”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu ekonomi Islam yang unggul dan berdaya saing.
  2. Mengembangkan riset ilmu-ilmu ekonomi Islam yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
  3. Mengembangkan pola pemberdayaan masyarakat yang religius berbasis riset.

Tentang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam merupakan salah satu fakultas terbaik di Indonesia yang banyak diminati oleh calon mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di fakultas ini terus mengalami peningkatan dan merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia.

Program Studi

Manajemen Zakat dan Wakaf

Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf ini menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang zakat dan wakaf

Akuntansi

Program Studi yang menghasilkan lulusan ahli  bertugas menyusun, memperbaiki, dan mengawasi Tata Buku Administrasi Perusahaan Sektor Bisnis, Syariah dan atau Pemerintah

Ekonomi Syariah

Program studi yang memiliki kerangka kerja ilmiah yang  diawali dengan pendasaran teologi dengan fiqh dan perundangan undangan islam dengan subjek hubungan antar manusia.

Ilmu Ekonomi

Program Studi yang menghasilkan kompetensi lulusan yaitu menjadi : Perencana ekonomi, Analis Ekonomi, dan Pemberdaya Ekonomi yang profesional dan kompeten

Manajemen

Program Studi yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu manajemen, melaksanakan riset  dan mewujudkan pola pemberdayaan masyarakat

Lebih dekat dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Simak video profile berikut

Struktur Organisasi

History of FEBI

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang perubahan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya menjadi Univeritas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya meniscayakan perubahan mendasar dalam realitas kelembagan baru. Kelembagaan baru UINSA dikelola dengan tata kelola yang baik atas dasar Peraturan Menteri Agama RI Nomor 8 Tahun 2014 tentang Ortaker UINSA Surabaya. Tata kelola ini penting karena UINSA telah menambah 4 fakultas baru, yaitu; Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Sains dan Teknologi (SAINTEK), dan Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK).

FEBI berdiri pada 28 April 2014 dengan 5 program studi; Ekonomi Syariah, Manajemen, Ilmu Ekonomi, Akuntansi, dan Manajemen Zakat dan Wakaf. Kala itu yang menjadi dekan pertama adalah Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA, M.Phil., Ph.D. Latar rasional untuk membuka FEBI setidaknya atas menguatnya kesadaran nasional akan pentingnya ekonomi untuk pembangunan nasional, termasuk pemberdayaan masyarakat Indonesia khususnya dan dunia global umumnya.

Penerapan sistem ekonomi dan bisnis berlandaskan nilai keislaman merupakan pertimbangan penting lainnya. Bukti dari kecenderungan tersebut adalah maraknya perbankan syariah dan industri keuangan non bank syariah pasca era reformasi di negeri ini.  

Atas pertimbangan di atas, maka UIN Sunan Ampel Surabaya memandang penting untuk membuka Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan 5 program studi kelolaan, yaitu:

  1. Ekonomi Syariah
  2. Manajemen
  3. Ilmu Ekonomi
  4. Akuntansi
  5. Manajemen Zakat dan Wakaf

Berita & Pengumuman

Kolaborasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UINSA telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi dan universitas, baik di dalam maupun di luar negeri. Berikut beberapa daftar institusi dan universitas yang telah bekerjasama