Berita

FDK UINSA Newsroom, Sabtu (21/10/2023); UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama RI menyelenggarakan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional Angkatan IV Mandiri. Acara yang diikuti 94 peserta ini dilaksanakan di Hotel Swiss-Belinn Airport Surabaya mulai dari 21-27 Oktober 2023.

Pada pembukaan yang dilaksanakan pada Sabtu (21/10), Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Drs. Abd Haris M.Pd.I, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada UINSA khususnya FDK yang telah berhasil menyelenggarakan acara ini dengan baik. Abd. Haris mengharapkan dengan adanya sertifikasi ini bisa menjadi solusi dalam menyelesaikan beberapa masalah nanti ketika manasik haji.

“Kita harapkan (perserta) akan memahami dan memberikan solusi solusi terhadap problem ibadah haji dan umrah. Ada beberapa hal yang harus diselesaikan, dengan bertambahnya jumlah jamaah haji perlu semakin ditambah juga ilmu tentang fiqh, sehingga memberikan kemudahan kepada jamaah,” ujar Abd. Haris.

Abd. Haris mengharapkan kepada seluruh peserta sertifikasi untuk mengikuti bimbingan ini dengan baik dan pada akhirnya mendapat pengakuan pembimbing haji yang bersertifikat. Kebijakan Kementerian Agama pada suatu saat, pembimbing manasik haji harus memiliki syarat-syarat pembimbing yang tersertifikasi.

Acara sertifikasi ini dibuka secara resmi oleh Abd. Haris dengan penyematan tanda peserta secara simbolis.

Dalam delapan hari ke depan, peserta sertifikasi akan mendapatkan pelatihan dari narasumber ahli bidang haji daan umrah, baik dari akademisi UINSA maupun dari pejabat Kementerian Agama RI.

Jurnalis: Randi Abdel Azizi
Editor: Nur Romdlon