Pascasarjana
Visi
“Menjadi pusat kajian ilmu-ilmu keislaman multidisipliner yang ungÂgul dan kompetitif pada taraf internasional”
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu keislaman yang didukung oleh unsur-unsur standar nasional pendidikan;
- Menyelenggarakan penelitian, baik yang bersifat akademik maupun terapan di bidang ilmu-ilmu keislaman dengan pendekatan multidisipliner, interÂdisipliner, dan transÂdisipliner;
- Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyaÂrakat dalam bentuk konsultasi, pelatihan, dan bimÂbingan ilmu-ilmu keislaman dalam memecahkan masalah-masalah keislaman.
Tentang Pascasarjana
Bendera Pascasarjana berwarna merah hati melambangkan semangat pengembangan ilmu dan kematangan intelektual. Pascasarjana di banyak lembaga diharapkan menjadi center of excellence, dimana performa dari Pascasarjana, terutama dalam aspek akademiknya, harus berada di garda terdepan dalam pengembangan keilmuan di universitas.
Program Studi
Program Studi Doktor (S3) yang mengkaji dan memperdalam ilmu-ilmu keislaman tingkat lanjut
Program Studi Doktor (S3) yang mempelajari subyek dalam dunia ekonomi namun dengan landasan agama atau ilmu Islam.
Program Studi Doktor (S3) yang mempelajari ilmu di bidang pendalaman Al-Quran dan Tafsir

Doktor Pendidikan Agama Islam
Program Studi Doktor (S3) yang memperdalam terkait pendidikan agama islam

Magister Studi Islam
Program Studi Magister (S2) yang mengkaji berbagai studi teori keislaman

Magister Ekonomi Syariah
Program Studi Magister (S2) yang mengkaji berbagai teori dan prakter seputar ilmu ekonomi dengan landasan keislaman

Magister Aqidah dan Filsafat Islam
Program Studi Magister (S2) yang mengkaji dan memperdalam terkait teori dan praktek seputar Akidah dan Filsafat Islam

Magister Hukum Tatanegara
Program Studi Magister (S2) yang mengkaji lebih dalam terkait teori dan praktek hukum tata negara

Magister Ilmu Hadist
Program Studi Magister (S2) yang mengkaji lebih dalam terkait ilmu hadist

Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Program Studi Magister (S2) yang mengkaji lebih dalam terkait ilmu Al-Quran dan Hadist

Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam
Program Studi Magister (S2) yang mengkaji lebih dalam terkait komunikasi penyiaran Islam

Magister Pendidikan Agama Islam
Program Studi Magister (S2) yang mengkaji secara mendalam terkait pendidikan agama islam

Magister Pendidikan Bahasa Arab
Program Studi Magister (S2) yang mengkaji secara mendalam terkait praktek pendidikan bahasa arab

Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Program Studi Magister (S2) mengkaji lebih dalam terkait teori pendidikan guru madrasah Ibtidaiyah
Struktur Organisasi

Pascasarjana UIN Sunan Ampel yang berdiri pada 1 Agustus 1994 berdasarkan SK Menteri Agama no. 286/1994 Tanggal 1-08-1994 saat ini telah melewati usia 25 tahun. Dalam kurun waktu 25 tahun ini, banyak hal yang telah dilalui oleh Pascasarjana, misalnya didirikannya Program Doktor, berÂkembangnya Program Studi dari satu Program Studi (Dirasah Islamiyah atau Ilmu Keislaman) menjadi 14 Program Studi (4 Doktor, 10 Magister), dilakukannya sejumlah riset, kerjasama, maupun kegiatan seminar, komperensi, colloqium, dan program-program pengembangan, baik di level nasional maupun internasional.
Dalam aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pascasarjana sudah seharusnya menjadi center of excellence. Hal terÂsebut bisa tercermin pada alumni Pascasarjana yang memenuhi standar akademik yang ditentukan. Misalnya, untuk mahasiswa Magister harus memiliki publikasi di jurnal nasional dan mahasiswa Doktor di jurnal internasional. Tujuannya adalah untuk memenuhi standar akademik, sekaligus mengangkat reputasi akademik universitas.
Di bidang pendidikan atau pembelajaran, Pascasarjana UIN Sunan Ampel melihat pentingnya pendekatan interÂdisipliner dan transdisipliner bagi karya akademik seperti tesis dan disertasi. Dalam konteks ilmu-ilmu keislaman, hal ini akan memperkaya analisis, sekaligus memberi konsekuensi bagi pengajar Pascasarjana untuk memiliki pengetahuan yang luas tentang ilmu-ilmu keislaman dan penguasaan teori-teori sosial atau pendekatan sosiologis, antropologis, politik, serta penguasaan metodologi ilmiah. Dengan demikian, pendekatan multidisipliner, interdisipliner dan transdisipliner di Pascasarjana UIN Sunan Ampel harus dibangun mulai dari sumberdaya manusia pengajar, mahasiswa, dan produk karya ilmiah, baik tesis, disertasi, maupun publikasi lainnya.
Di sisi lain, pengembangan Perguruan tinggi di era sekarang meniscayakan pentingnya kerjasama. Ini dilakukan untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi karena persaingan pada tingkat global semakin ketat. Dalam persaingan demikian ini, yang diperlukan adalah kerjasama dan kolaborasi antar universitas dan lembaga yang menunjang peningkatan mutu akademik. Masing-masing perguruan tinggi memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri, dan pengalaman setiap perguruan tinggi dapat di-share melalui kejasama atau kolaborasi di bidang riset dan publikasi. Selain itu, kerjasama dan kolaborasi dilakukan untuk mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi yang menitikberatkan pada pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Di bidang pendidikan atau pembelajaran, Pascasarjana UIN Sunan Ampel melihat pentingnya pendekatan interÂdisipliner dan transdisipliner bagi karya akademik seperti tesis dan disertasi. Dalam konteks ilmu-ilmu keislaman, hal ini akan memperkaya analisis, sekaligus memberi konsekuensi bagi pengajar Pascasarjana untuk memiliki pengetahuan yang luas tentang ilmu-ilmu keislaman dan penguasaan teori-teori sosial atau pendekatan sosiologis, antropologis, politik, serta penguasaan metodologi ilmiah. Dengan demikian, pendekatan multidisipliner, interdisipliner dan transdisipliner di Pascasarjana UIN Sunan Ampel harus dibangun mulai dari sumberdaya manusia pengajar, mahasiswa, dan produk karya ilmiah, baik tesis, disertasi, maupun publikasi lainnya.
Di sisi lain, pengembangan Perguruan tinggi di era sekarang meniscayakan pentingnya kerjasama. Ini dilakukan untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi karena persaingan pada tingkat global semakin ketat. Dalam persaingan demikian ini, yang diperlukan adalah kerjasama dan kolaborasi antar universitas dan lembaga yang menunjang peningkatan mutu akademik. Masing-masing perguruan tinggi memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri, dan pengalaman setiap perguruan tinggi dapat di-share melalui kejasama atau kolaborasi di bidang riset dan publikasi. Selain itu, kerjasama dan kolaborasi dilakukan untuk mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi yang menitikberatkan pada pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Agenda
Daftar Akreditasi


Kolaborasi Pascasarjana
Fakultas Pascasarjana UINSA telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi dan universitas, baik di dalam maupun di luar negeri. Berikut beberapa daftar institusi dan universitas yang telah bekerjasama






