Berita

Pelaksanaan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) 2023 yang di gelar di beberapa titik lokasi berjalan dengan lancar, salah satu yang menjadi titik lokasi adalah MANPK MAN 2 Mataram. 

Tim UIN Sunan Ampel Surabaya yang diwakili oleh Dr. Imam Buchori, SE.,. M.Si., CITAP dan Mohammad Dliyaul Muflihin, S.E.I., M.E. bersama dengan Irjen Kemenag RI didampingi oleh Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd untuk melakukan monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan SNPDB 2023. 

Pelaksanaan SNPDB 2023 kali ini dilakukan secara luring selama dua hari pada tanggal 25-26 Februari 2023, peserta harus datang ke titik lokasi MANPK MAN 2 Mataram untuk melakukan serangkaian tahapan seleksi, adapun tahapannya yaitu tes akademik, tes potensi belajar, dan tes wawancara.

Sebelum melakukan serangkaian tahapan tersebut, panitia MANPK MAN 2 Mataram yang diketuai oleh Muhrim, M.Pd.I malakukan simulasi SNPDB 2023 yang bertujuan untuk memastikan semua perangkat tes mulai dari aplikasi CBT, komputer/PC, jaringan, dan server berjalan dengan lancar.

Menurut Muhrim, M.Pd.I, “Terkait kesiapan pelaksanaan SNPDB 2023 yang berlokasi di MANPK MAN 2 Mataram ini serratus persen sudah siap, terbukti semua komponen dan perangkat tidak ada yang erorrselama tes berlangsung. Kami juga menyediakan lima buah komputer cadangan untuk mengantisipasi jika ada komputer yang tiba-tiba rusak. Selain itu, ruangan untuk tes CBT kami tempatkan di lokasi yang representatif dan nyaman untuk peserta yaitu di ruang Laboratorium Komputer Aula PSBB lantai dua, sedangkan untuk tes wawancara dilaksanakan di lantai dua gedung PPT MAN 2 Mataram dengan pewawancara sebanyak 5 orang”

Ahmad Fahruddin, M.Pd Waka akademik MAN 2 Mataram sekaligus penguji tes wawancara menjelaskan, “Peserta terjauh dari Dompu, dimana Dompu berbeda pulau dengan Mataram dan untuk mencapai titik lokasi di MANPK MAN 2 Mataram ini perlu waktu 24 jam. Ada juga peserta dari Yogyakarta namun memilih titik lokasi ujian di Yogya. Saya sangat salut dengan semangat anak-anak dan orang tuanya.”

Pelaksanaan rangkaian tes CBT dan wawancara dilakukan dalam empat sesi, yaitu sesi 1 dan 2 dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2023, sesi 3 dan 4 dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 2023. Setiap sesi diikuti oleh 80 peserta dalam satu ruang untuk tes CBT. Jumlah peserta yang mendaftar di MANPK MAN 2 Mataram sebanyak 327 calon siswa namun yang lolos verifikasi sebanyak 286 calon siswa.

Adapun materi tes wawancara meliputi kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an,  kemampuan menulis ayat-ayat Al-Qur’an, kemampuan membaca kitab kuning, kemampuan bahsa Arab dan Inggris, dan wawancara motivasi belajar. 

Rangkaian tes SNPDB MANPK MAN 2 Mataram dan semua MAN Unggulan lainnya di seluruh Indonesia telah berakhir pada tanggal 26 Februari 2023, harapannya melalui SNPDB 2023 ini semoga bisa mendapatkan peserta didik atau calon siswa yang lulus sesuai kriteria yang diharapkan, sehingga proses pendidikan di MAN Unggulan berkualitas kerena mendapat input siswa yang berkualitas dan bisa bersaing sekolah-sekolah umum lainnya.