Berita

TIM MONEV UINSA VISIT SNPDB TILOK MTSN 2 KOTA SEMARANG

Direktorat KSKK (Kurikulum, Sarana Prasana, Kelembagaan, Kesiswaan) Kementerian Agama RI menyelenggarakan Seleksi Nasional Peserta didik Bersama (SNPDB) secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 25-26 Pebruari 2023. Tujuan SNPDB ini, pertama, memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik MTs/SMP negeri dan swasta baik dalam dan luar negeri untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu di MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri dan kedua, memberikan peluang kepada MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri untuk menjaring calon peserta didik baru yang memiliki potensi kecerdasan yang tinggi dan berkualitas di bidang akademik, keimanan dan ketakwaan, serta mempunyai wawasan kebangsaan yang tinggi.

Perlu diketahui juga, salah satu pilar kesiapan program unggulan reguler nasional Direktorat KSKK ini menyiapkan perangkat soal tes dan hal tersebut telah dikelola atas hasil kerjasama Direktorat KSKK dengan UIN Sunan Ampel Surabaya selaku pelaksana swakelola pengembangan soal tes potensi akademik dan literasi akademik terhitung mulai tahun 2019 sampai saat ini.  

Selaras dengan program tersebut, tim monitoring dan evaluasi dari UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. Ali Mustofa, M.Pd dan Dr. Suryani, M.Si, terlibat dalam mengawal pelaksanaan SNPDB yang bertempat di MTsN 2 Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. “Untuk titik lokasi (Tilok) ini diperuntukan bagi para peserta ujian dari wilayah Semarang dan sekitarnya untuk mengikuti ajang seleksi pada Madrasah Aliyah Negeri Program Khusus (MAN-PK) Surakarta.” tutur ketua panitia pelaksana titik lokasi Semarang ini. MAN-PK Surakarta ini merupakan salah satu dari 10 MAN Program Keagamaan di seluruh Indonesia dan menjadi model madrasah unggulan di Kementerian Agama RI.  Kegiatan seleksi pada sesi hari pertama, Sabtu, 25 Pebruari 2023, telah dikuti sebanyak 180 calon peserta didik. Dari total peserta dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi I dilaksanakan pukul 07.30 sampai dengan 11.30 WIB, dan sesi II dilaksanakan pada jam 13.00 sampai dengan 17.00 WIB. Pola seleksi ini dibagi menjadi tahap ujian yang meliputi, ujian CBT (computer based test) dan ujian lisan.

Kegiatan monitoring ini juga dihadiri oleh tim Inspektorat Jenderal Kementerian Agama, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Semarang, Dr. Moch. Fatkhuronji, S.Ag, M. Pd.I, dan didampingi Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Semarang, Ahmad Alfan, S.Ag. M.Si., beserta jajarannya dan tidak ketinggalan tim panitia lokal pelaksana ujian dari MAN-PK Surakarta.

“Secara keseluruhan pelaksanaan ujian SNPDB yang bertitik lokasi MTsN 2 Kota Semarang ini berjalan lancar. Fasilitas sarana prasana memadai, jaringan internet sudah kami setting agar tidak muncul kendala saat ujian berlangsung. Lokasi ruang juga sudah kami pilih, kami cari ruangan yang sangat mendukung, suasana tenang dan tidak ada hiruk-pikuk yang mengganggu selama penyelenggaran ujian di madrasah.” tutur Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Semarang. “Harapan besar dari seleksi nasional ini, utamaya jalur program keagamaan, semoga yang terseleksi dan terpilih menjadi sosok-sosok murid yang cemerlang dan menjadi calon penerus ahli ilmu agama, faqih fiddin, di bumi Nusantara Indonesia, bahkan mampu membangun peradaban dunia dengan rahmatan lil alamin.” tutupnya. (altoya)