Berita

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Thursday, 28 July 2022

REALISASIKAN INOVASI OLSOP (ONE LECTURER-STUDENTS ONE PUBLICATION), PRODI PGMI GELAR "COACHING CLINIC PUBLIKASI ILMIAH MAHASISWA SERIES 1"

Kamis, 28 Juli 2022, Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Surabaya gelar kegiatan Coaching Clinic Publikasi Ilmiah Mahasiswa secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Acara yang diinisiasi prodi PGMI tersebut dihadiri oleh sekitar 100 mahasiswa yang fokus dan bersemangat menyimak pemaparan dari para narasumber. Kegiatan yang dimulai dari pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh Master Ceremony Nafidatul Chasanah yang merupakan mahasiswa PGMI Semester VII. Turut hadir Ketua Jurusan Pendidikan Dasar Bapak Dr. Sihabudin, M.Pd.I., M.Pd.I memberikan sambutan sekaligus membuka acara Coaching Clinic Series 1. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi terhadap program-program inovasi yang dikembangkan oleh Prodi, terutama dalam percepatan kelulusan mahasiswa dan peningkatan publikasi penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa. Beliau berharap dengan kepemimpinan prodi yang baru, dapat menghantarkan Prodi PGMI FTK UINSA semakin maju dan berkembang.

Sebelum memasuki sesi pemaparan materi, Bapak Sutlhon Mas’ud, M.Pd.I mengawali kegiatan dengan pembacaan doa dengan harapan kegiatan berjalan dengan lancar. Sesi pertama pemaparan materi disampaikan oleh Ibu Uswatun Chasanah, M.Pd.I terkait Kebijakan Publikasi Ilmiah yang ada di Prodi PGMI. Beliau mengawali dengan menyampaikan program-program inovasi yang akan dilakukan oleh prodi, dimulai dari 1) OLSOP (One Lecture-Students One Publication) yang merupakan program peningkatan publikasi penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa; 2) COPAS (Coaching Clinic Percepatan Skripsi) yang merupakan kegiatan berkelanjutan untuk mendukung Kelulusan Tepat Waktu (KTW); 3) PORTION (Podcast for Education) yang merupakan sarana untuk membahas isu-isu seputar pendidikan terkini, dan informasi inovasi pembelajaran teraktual;  4) GeMPI (Gerakan Mengajar Mahasiswa PGMI); 5) SIAKEPO (Sistem Informasi Alumni dan Kemahasiswaan PGMI Online berbasis Web), yang merupakan layanan sistem informasi satu pintu prodi PGMI; dan 6) KEMISTIRI (Kerjasama Mitra Sekolah dan Lembaga Internasional). Mahasiswa PGMI yang sedang pengajuan judul proposal skripsi dapat mengadopsi jenis-jenis penelitian kuantitatif, kualitatif, eksperimen, pustaka, mixed method, dan lain sebagainya. “Prodi mempunyai kebijakan, setiap mahasiswa yang akan mendaftarkan sidang skripsi, hasil tulisan dan penelitiannya wajib dipublikasikan di jurnal Sinta”, tukas Kaprodi PGMI. 

Sesi kedua pemaparan materi, disampaikan oleh Sekertaris Program Studi PGMI, Ibu Nina Indriani, M.Pd yang menyampaikan mekanisme dan teknis informasi dan alur pendaftaran skrpsi. “Kini, PGMI memiliki SIAKEPO (Sistem Infromasi Alumni dan Kemahasiswaan PGMI Online berbasis web), yang merupakan sistem layanan satu pintu kepada alumni dan mahasiswa”, ujar Ibu yang dipanggil dengan sebutan Miss Nina. Semua proses layanan dari mulai pendaftaran judul proposal skripsi, proses pemantauan judul proposal, pendaftaran seminar, pendaftaran ujian skripsi, sampai para program dan kegiatan yang dilaksanakan Prodi dapat diakses kapan saja dan dimana saja secara online melalui satu pintu website prodi PGMI. Selain memaparkan materi, mahasiswa diajak untuk mensimulasikan secara langsung proses pendaftaran skripsi melalui website prodi pgmi.

Setelah pemaparan materi dari dua narasumber, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dari peserta. Pertanyaan yang muncul dari para mahasiswa beragam, dari mulai tips dan trik agar bisa diterima di jurnal Sinta sampai kepada persyaran dokumen yang harus dipenuhi dalam pengajuan sidang skripsi. Acara ditutup dengan foto bersama seluruh peserta Coaching Clinic Series 1. Harapan bersama, kegiatan ini terus berkelanjutan dan berkesinambungan dalam rangka merealisasikan program OLSOP Prodi PGMI.