Berita

UINSA Newsroom, Jumat (08/09/2023); “Jabatan itu ditunaikan bukan dinikmati,”

Jumat, 8 September 2023, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kembali menggelar acara Pelantikan dan Sumpah Jabatan bagi 14 tim manajemen. Bertempat di Ruang Choaching Clinic Lt. 7 Tower Teungku Ismail Yakub UINSA Kampus A. Yani, pelantikan dan sumpah jabatan ini digelar untuk Kepala Unit Pelaksanaan Teknis, Koordinator Pusat pada Lembaga, Ketua Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Sekretaris Satuan Pengawas Internal, Sub Koordinator pada UINSA Surabaya.

Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., dalam pengarahannya menyampaikan, bahwa jabatan yang diberikan kepada seseorang sejatinya adalah untuk ditunaikan, bukan dinikmati. Sebab, jika orientasi jabatan adalah untuk dinikmati maka pejabat akan selalu minta dilayani.

“Kalau jabatan itu orientasinya untuk dinikmati, maka menjadi pejabat pasti menikmatinya dengan penuh kenikmatan tanpa ada perasaan, sikap, dan tindakan untuk berkinerja dengan baik,” ujar Prof. Muzakki membuka sambutannya.

Rektor juga menyampaikan harapannya kepada segenap tim manajemen UINSA agar jangan terjebak dalam speed-trap, yang akan menghambat proses kinerja terbaik. Saat ini, reputasi UINSA baik di skala nasional maupun internasional mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Medio Agustus, Lembaga Unirank merilis UINSA sebagai kampus Islam terbaik nasional baik negeri maupun swasta kedua setelah UII serta Top 16 dari 20 Kampus Islam Terbaik dunia. “Track ini harus kita ikuti supaya trend kenaikan tetap stabil. Jangan ada speed-trap yang menghalangi langkah dan acuan kita bersama untuk menuju kinerja itu,” imbuh Prof. Muzakki.

Tak lupa, Rektor juga mengingatkan pentingnya untuk bekerjasama dalam menyelesaikan tugas dan kewajiban.”Jika ada masalah maka harus diselesaikan bersama juga. Karena untuk menuju UINSA yang jaya tentunya harus dibarengi dengan kerjasama dan kinerja yang baik,” tegas Guru Besar Bidang Sosiologi UINSA Surabaya tersebut.

Rektor pun mengajak kepada segenap tim manajemen maupun civitas akademika UINSA untuk senantiasa menjaga kinerja terbaik. Karena UINSA, menurut Rektor, tidak hanya telah memberikan jaminan kesejahteraan, tapi juga kemuliaan besar untuk berkiprah di dunia pendidikan. “Mari kita bayar lunas jabatan ini dengan kinerja. Mari kita bayar lunas amanah ini dengan kinerja yang baik,” tukas Prof. Muzakki dalam pelantikan yang dihadiri segenap pimpinan Tim Manajemen pada UINSA Surabaya tersebut. (Aul/Magang23)

Penulis: Aulia
Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya