Berita

UINSA Newsroom, Selasa (26/09/2023); Pada Ahad, 24 September 2023 sekitar 12 Mahasiswa UKM Mahagana UINSA menjadi peserta kegiatan jambore relawan 2023 yang berlokasi di Lapangan Desa Nguntoronadi, Jalan Raya Goranggareng-Uteran, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan. Kegiatan jambore relawan ini digelar selama 3 hari 2 malam mulai dari tanggal 22-24 September 2023 dan dihadiri sekitar 1500 relawan kebencanaan dan 100 instasi kebencanaan dari berbagai wilayah di Jawa Timur.

Kegiatan jambore relawan 2023 ini dihadiri Dra. Hj. Khofifah Indar, Gubernur Provinsi Jawa Timur; Adhy Karyono, Sekertaris Daerah Provinsi Jawa Timur; Drs. Pangarso Suryotomo, Direktur Kesiapsiagaan BNPB; Gatot Soebroto,  Ketua Pelaksana BPBD Jawa Timur; Suprawoto, Bupati Magetan, beserta jajaran Pemerintahan Provinsi Jatim.

Kegiatan jambore relawan hari pertama yaitu edukasi peningkatan kapasitas relawan dengan pemberian materi Desa Tangguh Bencana (Destana) bersama FPRB Jatim, Water Rescue and Fire Rescue oleh PT Paiton Operations & Maintenance Indonesia (POMI), dan Bantuan Hidup Dasar dari PPNI Jatim serta mengenai Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) oleh SRPB Jatim. Kemudian pada hari kedua sekitar 780 relawan berkumpul di lapangan untuk menunjukkan aksi Paper Mob Bendera Merah Putih dan Optimis Jatim Bangkit.

Selain itu, Gubernur Provinsi Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa juga memberikan selempang secara simbolis kepada perwakilan Srikandi Siaga Bencana, penyerahan  bibit tanaman kepada sembilan Kepala Desa dari Kecamatan Nguntoronadi, dan penyerahan hadiah kepada Juara Lomba Desain Logo Hari Jadi yang ke-78 Provinsi Jawa Timur. Pada akhir acara, Gubernur mengajak para relawan dan masyarakat yang datang untuk bershalawat bersama dan menikmati pesta rakyat.

Alhamdulillah Tim Mahagana UINSA  telah menjadi bagian dari relawan Jawa Timur,” tutur Koordinator Tim, Catur Satriagung. Kegiatan jambore relawan merupakan persembahan dari BPBD Provinsi Jawa Timur dan Pemprov Jawa Timur. (Nabilla)

Penulis: Nabila
Redaktur: Nur Hayati