Berita

MAHAGANA UINSA: SIAPKAN PERSONIL TANGGUH, TANGGAP, DAN CEPAT HADAPI BENCANA

UINSA Newsroom, Selasa, (13/06/2023); Peran mahasiswa sangat strategis dalam menghadapi bencana alam yang sering dihadapi di Indonesia. Mahasiswa misalnya, dapat berperan sebagai relawan dalam ikut menanggulangi masalah bencana, baik alam maupun non alam.

Hal ini sebagaimana dilakukan UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya melalui wadah yang dibentuk kampus bernama MAHAGANA (Mahasiswa Tanggap Bencana). UINSA dalam hal ini menyiapkan mahasiswa UKM Mahagana menjadi personil yang tangguh, sigap, dan tangkas dalam mengantisipasi maupun eksekusi lapangan saat terjadi bencana.

Dalam upaya peningkatan kapasitas personil, Mahagana UINSA, pada 9-11 Juni 2023 lalu menggelar Diklat Mahagana UINSA yang pertama. Sekaligus pengukuhan anggota baru yang dilaksanakan di kampus dan Hutan Kota Balas Klumprik Surabaya.

Dalam acara Diklat, personil dengan antusias mengikuti kegiatan materi dan pembekalan oleh Tim KT RESCUE sebagai pemateri. Materi yang disampaikan adalah Mitigasi Bencana dan PPGD.

Hal ini merupakan dasar yang harus dimiliki semua Personil Mahagana UINSA. Tak lupa, dalam kesempatan itu, Tim “Baruna” dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ( DPKP ) Kota Surabaya, juga menyampaikan materi singkat tentang pentingnya ilmu mitigasi dalam bencana kebakaran.

Acara berjalan lancar hingga akhir, dan ditutup dengan upacara pelantikan anggota baru.  Diharapkan anggota baru yang telah bergabung, bisa berperan aktif dalam penyadaran, resiko bencana kepada masyarakat secara nyata. Dengan demikian Mahagana UINSA mampu melaksanakan tugas kemanusiaan dengan baik. “Niat baik saja tidak cukup untuk menolong orang. Tanpa pengetahuan dan skill yang cukup, justru akan berakibat fatal,” tegas Bambang Hasipurnomo, Dantim KT RESCUE kepada peserta Diklat. (breh)