Berita

UINSA Newsroom, Jumat (15/09/2023); Lembaga Pengasuhan dan Pendidikan Anak Usia Dini (LP PAUD) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mengadakan kegiatan mengenal makanan dan minuman halal pada Jumat, 15 September 2023. Berkolaborasi bersama Halal Center UINSA dan dihadiri adik-adik PAUD UINSA, acara ini diselenggarakan di Laborarotorium Integrasi Ruang Komputer 2 dengan sangat meriah.

Adanya kegiatan ini menjadi kesempatan anak usia dini untuk memahami makanan dan minuman yang boleh dimakan dalam ajaran Islam. “Dengan begitu mereka akan belajar bagaimana membedakan makanan dan minuman yang halal dan haram dikonsumsi,“ terang Bunda PAUD UINSA.

Pada awal kegiatan, adik-adik PAUD UINSA diajak untuk mengenali macam hewan, sayuran, buah, maupun minuman yang halal untuk dikonsumsi. Teruntuk perangsang otak anak usia dini dalam memahami materi yang telah disampaikan, pihak Halal Center UINSA mengajak peserta didik menyanyikan lagu berjudul “Makanlah Makanan Halal.“

Menuju sesi selanjutnya, setiap adik-adik diberikan gambar dan menebaknya untuk dimasukkan pada golongan halal atau non-halal. Pembelajaran seperti ini tentunya sangat menyenangkan. Canda tawa peserta yang secara aktif mengikuti kegiatan pun memenuhi ruangan.

Selain itu, melalui media gambar logo ‘Halal Indonesia,‘ adik-adik PAUD diajak untuk mengerti bahwa label tersebut menunjukkan makanan maupun minuman tersebut dapat dimakan. Sebagai bentuk penerapan dari materi yang sudah disampaikan, adik-adik PAUD UINSA juga diajak mengunjungi kedai UINSA Mart. Pada akhir sesi ini mereka diajarkan untuk membeli beberapa snack yang berlabelkan Halal Indonesia.

“Tidak disangka apa yang telah pelajari dapat dicerna dengan baik oleh adik-adik PAUD UINSA. Mereka tampaknya mudah memahami bahwa logo tersebut dipastikan merupakan makanan yang boleh dikonsumsi,“ tukas Bund PAUD UINSA Surabaya. (Syf/Magang23)

Penulis: Syifa

Reaktur: Nur Hayati

Foto: Tim Humas