Berita

UINSA Newsroom, Sabtu (04/11/2023); Laga pamungkas dari Tim Ganda Putri Cabang Lomba Badminton pada Sabtu, 04 November 2023 menggenapi total perolehan medali UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menjadi 15 medali. Perolehan medali ini pun memantapkan posisi UINSA sebagai Runner-up kegiatan Pekan Olahraga Raga dan Seni se Jawa-Madura (PORSI JAWARA) 1 Tahun 2023 di UIN Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.

15 medali yang diperoleh kontingen UINSA terdiri dari 8 medali emas, 5 medali perak, dan 2 medali perunggu. 8 medali emas diraih cabang lomba Puitisasi Al-Qur’an Putri, Musabaqoh Tilawatil Qur’an Putra, Tenis meja tunggal putri, Badminton Tunggal Putri, Badminton Ganda Putra, Badminton Ganda Putri, Tenis Meja Ganda Putra, dan Tenis Meja Ganda Putri.

Sedangkan 5 medali perak diperoleh cabang lomba Musabaqoh Qiraatil Kutub Putra, Musabaqoh Fahmil Qur’an, Pop Solo Islami, Taekwondo, dan Debat Bahasa Inggris.

Selanjutnya 2 medali perunggu diraih cabang lomba Musabaqoh Qiraatil Kutub Putri dan Business Plan.

Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap kontingen UINSA. “Selamat atas prestasi yang diraih untuk UINSA,” ujar Prof. Muzakki.

Rektor mengingatkan, bahwa prestasi yang diraih merupakan prestasi bersama. Prestasi yang penting untuk dicatat dan menjadi bagian dari kemuliaan yang sedang dibangun untuk UINSA.

Guru besar bidang Sosiologi UINSA tersebut juga menegaskan, bahwa posisi runner-up menjadi bagian dari cara untuk mengevaluasi diri terhadap semua yang terjadi pada proses pengembangan talenta dan potensi mahasiswa. khususnya di bidang olah raga, seni, maupun ilmiah.

“Karena itu saya berharap, bahwa kompetisi PORSI JAWARA di UIN Jember, kita jadikan bahan untuk refleksi sekaligus juga pemacu semangat untuk mencapai prestasi-prestasi berikutnya,” tegas Prof. Muzakki.

Prestasi Kontingen UINSA, lanjut Rektor, tak hanya membangun kemuliaan tapi juga kebaikan bagi almamater UINSA Surabaya di masa yang akan datang. “Semangat terus saya berharap bahwa ini menjadi pemicu bagi kita semua untuk selalu berlatih, berlatih, dan berlatih untuk prestasi masa depan,” tukas Prof. Muzakki.

Terdapat beberapa bidang lomba yang dipertandingkan dalam kesempatan PORSI JAWARA 1 Tahun 2023 ini. Yakni bidang Olahraga, Seni, dan Ilmiah.

Pada cabang olahraga misalnya, cabang yang dilombakan antara lain lomba Tenis Meja, Bulu Tangkis, Catur, Panjat Dinding, Pecak Silat, Karate, Taekwondo, Futsal, dan Voli.

Sedangkan pada lomba Cabang Seni, meliputi MTQ, MHQ, MSQ, Kaligrafi, Film Pendek, Puitisasi Al-Qur’an, Pop Solo Islami, dan Da’i-Daiyah.

Selanjutnya lomba cabang Ilmiah terdiri dari lomba Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Debat Konstitusi, MFQ, MKTQ, MQK, Business Plan, Karya Tulis Inovasi Sosial Keagamaan, dan Karya Tulis Media Pembelajaran.

Dalam laga yang digelar pada 1-5 November 2023 ini, UINSA mengirim sebanyak 95 kontingen untuk 26 Cabang Lomba. Adapun kontingen yang berlaga dalam kesempatan ini berasal dari 18 PTKIN.

Antara lain UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, UIN Walisongo Semarang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Profesor K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, UIN Raden Mas Said Surakarta, IAIN Kediri, UIN Salatiga, IAIN Kudus, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, IAIN Madura, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, IAIN Ponorogo, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. (Nur/Humas)

Reportase: Nur Hayati (Redaktur)

Foto: MN. Cahaya