Berita

Tuban, Jawa Timur – Kegiatan pendampingan manajemen waktu dilaksanakan di MAN 1 Tuban, tepatnya di kelas 11 E. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diampu oleh mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI). Kegiatan ini diikuti oleh 33 siswa yang dengan antusias menerima arahan dari kakak-kakak MBKM yang menjadi fasilitator sekaligus pendamping dalam pelatihan manajemen waktu melalui pemberian dan penggunaan “Buku Jurnal Agenda Harian” dalam upaya untuk meningkatkan disiplin dan produktifitas belajar siswa kelas 11 E.

Di era modern yang penuh distraksi dan tuntutan multitugas, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengatur waktu secara efektif, sehingga berdampak pada menurunnya kedisiplinan, keterlambatan menyelesaikan tugas, dan rendahnya produktivitas belajar. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan pengelolaan waktu yang lebih baik di kalangan siswa. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyeimbangkan antara tugas akademik, kegiatan ekstrakurikuler, dan aktivitas pribadi. Oleh karena itu, tim MBKM BKI hadir dengan solusi sederhana namun efektif, yaitu pemberian dan pendampingan penggunaan Buku Jurnal Jadwal Kegiatan Harian Siswa atau Buku Agenda Harian. Diharapkan dengan adanya buku ini, siswa dapat lebih teratur dalam merencanakan aktivitas harian dan menumbuhkan sikap disiplin dalam memanfaatkan waktu.

Berangkat dari kondisi tersebut, diperlukan suatu strategi konkret yang dapat membantu siswa mengelola waktu mereka secara lebih efektif. Salah satu pendekatan yang relevan dan mudah diterapkan adalah pemberian buku jurnal agenda harian. Media ini tidak hanya berfungsi sebagai alat pencatat aktivitas, tetapi juga sebagai sarana refleksi, evaluasi, dan pembentukan kebiasaan positif dalam pengelolaan waktu.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalkan manajemen waktu siswa melalui pemberian “Buku Jurnal Agenda Harian Siswa” di MAN 1 Tuban. Dengan adanya buku ini, diharapkan siswa dapat lebih terstruktur dalam merencanakan dan mengatur kegiatan hariannya, baik kegiatan belajar di sekolah maupun aktivitas di luar jam pelajaran. Selain itu, penggunaan buku jurnal ini bertujuan untuk menanamkan kebiasaan disiplin dalam memanfaatkan waktu secara efisien serta meningkatkan tanggung jawab siswa terhadap target dan kewajiban belajar yang telah ditetapkan.

Dalam kegiatan ini, Mahasiswa MBKM memberikan pemaparan materi pengantar yang menjelaskan kepada siswa tentang pentingnya manajemen waktu dan dampaknya terhadap pencapaian akademik. Setelah itu, Mahasiswa MBKM membagikan buku jurnal agenda harian kepada masing-masing siswa yang di mana buku ini menjadi alat praktik langsung dalam menyusun kegiatan harian. Setelah seluruh siswa mendapatkan buku jurnal, siswa diminta untuk menyusun jadwal aktivitas mereka selama satu minggu, mencakup waktu belajar, ibadah, bermain, dan penggunaan smartphone. Penyusunan dilakukan dengan mempertimbangkan keseimbangan antara tanggung jawab dan kebutuhan pribadi.

Setelah kegiatan yang disusun selama satu minggu selesai dilaksanakan oleh siswa, siswa diajak untuk berdiskusi dan mengevaluasi jadwal yang sudah dibuat. Siswa diajak untuk merefleksikan efektivitas dan kendala yang dihadapi selama kegiatan tersebut. Lalu, sebagai penutup, siswa menuliskan perasaan dan pengalaman mereka dalam menggunakan buku jurnal pada sticky notes yang dikumpulkan secara individual.

Kegiatan ini mendapat respons positif dari siswa. Banyak dari mereka menyatakan bahwa metode ini sangat membantu dalam menyusun rencana harian dan menghindari kebiasaan menunda-nunda tugas.

“Saya senang karena dengan ini saya bisa memanajemen waktu dan juga dengna adanya Buku jurnal harian ini saya bisa mengatur waktu dengan berbagai kegiatan saya..” Tulis salah satu siswa kelas 11 E menulis dalam sticky note-nya

Respon siswa menunjukkan bahwa penggunaan jurnal agenda harian secara nyata memberikan dampak positif dalam membentuk kebiasaan manajemen waktu. Pihak sekolah menyambut baik program ini dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilanjutkan sebagai bagian dari penguatan karakter siswa.

Penulis: Nur Inayatun Nisa (Tim MBKM MAN 1 Tuban)

Editor: Robiah Nur Adawiyah