Agenda

Lamongan, (01/11/2023) – Terus berikan komitmen dalam berikan layanan assesment psikologi Fakultas Psikologi dan Kesehatan adakam FGD dengan wali murid kelas XI MAN 1 Lamongan. Kegiatan kali ini, dosen Psikologi langsung yang turun tangan dalam penyampaian materi, yakni Dr. Jainudin, M. Si.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas XI MAN 1 Lamongan yang bertujuan untuk Sosialisasi program SKS 2 tahun, pendampingan psikologi dan SNBT, pembinaan akhlak & karakter. Dr. Jainudin, M. Si menyampaikan materi tentang IQ rata-rata manusia, spentikan cerdas rata-rata, serta cerdas diatas rata-rata. Saat ini para siswa terutama mayoritas siswa SMA sedang bimbang tentang apa yang akan mereka pilih untuk lanjut ke jenjang berikutnya. Pilihan nya antara kuliah, kerja sambil kuliah, atau kerja saja.

Pendidikan awal sukses biasanya diawali dengan sangat cerdas, cerdas, atau bahkan tidak sama sekali. Beliau menyampaikan bahwa hal yang menentukan dalam cerdas suskes atau ketidaksuksesan pada seseorang ialah kuncinya yang terletak pada ketekunan dan kesabaran. Adapun jenis kecerdasan itu ada 4, yakni IQ, EQ, SQAQ, dan QQ. Cara belajar seseorang biasanya terdiri dari 2 metode, yang pertama dengan otak kanan yang memiliki fungsi dalam berfikir, kreatifitas, seni & musik, serta intuisi. Sedangkan belajar dengan otak lain berfungsi sebagai analitik, logica, bahasa, ilmu. dan matematika.

Kecerdasan Intelektual atau yang biasa disebut dengan IQ merupakan kecerdasan yang dibangun oleh otak kiri. Kecerdasan ini mencakup kecerdasan linier, matematik, dan logis sistematis. Kecerdasan ini menghasilkan pola pikir tepat, akurat, dapat dipercaya, serta berdasarkan logika. Sedangkan kecerdasan emosional mampu menjadikan seseorang dapat mengelola emosi dan mengenali perasaan diri sendiri dan orang lain.Dr. Jainudin, M. Si juga menjelaskan tentang ciri-ciri FQ, yakni adanya kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empathy social skill, motivasi Indikator, terarah, dan juga ajeg. Tak hanya sampai disitu, ternyata kecerdasan spiritual berkaitan dengan emosional & intelektual. IQ, EQ, serta SQ sangat mempengaruhi keberhasilan.

Ada beberapa strategi yang dijelaskan sebelum memilih prodi, yang pertama ialah kenali bakat & minat masing-masing. Kedua bisa konsultasi profesional dengan orang yang faham di bidangnya. Selanjutnya ialah riset prodi, dan yang terakhir pertimbangkan potensi karir. Kesuksesan juga sangat bergantung pada ridho Allah, do’a orang tua, do’a guru, dan yang terakhir tentunya usaha dan do’a. Sedangkan untuk kegiatan FGD atau Forum Group Discussion nya dipimpin oleh Syafruddin Faisal Thohar, M. Psi.

Disini banyak sekali berdiskusi yang berkaitan dengan fase belajar manusia, penyampaian analisis hasil assesmen kecerdasan & kepribadian siswa, tipe siswa dalam belajar, tips untuk siswa dan orang tua, komunikasi yang intensif antar kedua orang tua dalam melakukan pola asuh anak, dan yang terakhir ialah manajemen waktu.

Dari kegiatan FGD ini diharapkan bahwa program yang akan dijalankan bisa terlaksana dengan baik, dan kerja sama yang dilangsungkan bisa tetap berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan sama sekali.

Writer : Najwa Laska Halqi

Editor : Muhamad Sangaji H