Berita

UINSA Surabaya_ Dosen Hubungan Internasional FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya menyerahkan surat pernyataan sikap terkait konflik Israel-Palestina di Gaza, Rabu, (18/10/2023).

Surat pernyataan tersebut diserahkan oleh Qobidl’ Ainul Arif kepada Agus Haryanto, Ketua Umum Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) di acara Konvensi Nasional AIHII ke XIV, UNJANI, di Cimahi, Bandung, Jawa Barat, 19 sd 22 Oktober 2023.

Menurut Qobidl’ Ainul Arif, pernyataan sikap tersebut dari komunitas epistemis the Indonesian Islamic Studies and International Relations Association (Insiera) untuk menyikapi konflik Israel-Palestina yang sedang memanas. Sejumlah point penting yang terdapat dalam pernyataan sikap INSIERA di antaranya:

  1. Menyatakan bahwa tindakan yang dilakukan oleh rezim Zionis Israel di tanah Palestina merupakan bentuk penjajahan dan pendudukan yang bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.
  2. Mengutuk semua bentuk aksi kekerasan sistematis dan genosida yang dilakukan oleh rezim Zionis Israel terhadap masyarakat Palestina.
  3. Mendukung pemerintah Republik Indonesia untuk melakukan tindakan proaktif guna mempercepat terjadinya gencatan senjata dan masuknya bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui pendekatan bilateral maupun multilateral.
  4. Menyerukan kepada masyarakat Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan sesuai dengan kemampuannya, melalui lembaga-lembaga resmi dan terpercaya, atau yang difasilitasi oleh pemerintah Republik Indonesia.

Qobidl’ Ainul Arif menyampaikan bahwa, pernyataan sikap INSIERA tersebut selanjutnya akan diadopsi oleh AIHII untuk dijadikan sikap resmi AIHII. Sekedar untuk diketahui, bahwa pernyataan sikap ini di dukung oleh peserta sidang dalam acara Konvensi Nasional AIHII IXV di Universitas Jenderal Ahmad Yani, Bandung Jawa Barat, tanggal 19 sd 22 Oktober 2023.