Berita

Studi Visit ke PDAM Surya Sembada Karangpilang oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel

Mahasiswa Teknik Lingkungan Angkatan 2022 UIN Sunan Ampel Surabaya telah melaksanakan kegiatan Studi Visit yang dilaksanakan di PDAM Surya Sembada Karangpilang pada hari Rabu tanggal 6 September 2023, dengan tema ” Manage Water Quality for The Better Future, Let’s Use Enough Water!” dengan harapan setelah melakukan kegiatan Studi Visit ini Mahasiswa Teknik Lingkungan Angkatan 2022 dapat mengerti tahapan pengolahan air, mulai dari pengambilan air baku sampai menjadi air bersih yang layak untuk digunakan.

Motto dari kegiatan Study Visit I ini adalah pentingnya mengelola air untuk kebutuhan hidup manusia yang disebutkan dalam Q.S. Al-An’aam ayat 99 dan Q.S. Al-Mu’minuun: 18. yang memiliki arti :

“Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkaitangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman” (Q.S. Al-An’aam: 99).

“Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya.” (Q.S. Al-Mu’minuun: 18).

Kegiatan Studi Visit dilaksanakan di PDAM Surya Sembada Karang Pilang pada hari Rabu tanggal 6 September 2023. Kegiatan Studi Visit dimulai pada pukul 08.30 s.d pukul 11.00  yang diawali dengan Pemaparan materi dan pengenalan instalasi serta proses pengolahan air bersih, setelah itu Mahasiswa Teknik Lingkungan Angkatan 2022 melakukan pembelajaran secara langsung dengan berkeliling di area instalasi pengolahan air bersih. Pelaksanaan Studi Visit ini dihadiri oleh 32 Mahasiswa Teknik Lingkungan angakatan 2022 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Kegiatan Studi Visit ini berisi pemaparan materi terkait proses pengolahan air bersih oleh pihak PDAM Surya Sembada.

Kemudian dilanjtukan dengan kegiatan pembelajaran secara langsung dengan berkeliling di area instalasi pengolahan air bersih. Kemudian diakhiri dengan pemberian cindera mata dan sesi dokumentasi.

Dari kegiatan Studi Visit dengan tema “Manage Water Quality for The Better Future, Let’s Use Enough Water!” ini diharapkan bahwa setelah melakukan kegiatan Studi Visit ini Mahasiswa Teknik Lingkungan Angkatan 2022 dapat mengerti tahapan pengolahan air, mulai dari pengambilan air baku sampai menjadi air bersih yang layak untuk digunakan