Berita

UINSA SALURKAN ZAKAT UNTUK WARGA SEKITAR KAMPUS

UINSA Newsroom, Kamis, (04/04/2024); Menjelang Hari Raya idul Fitri 1445 H, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar penyaluran Zakat Fitrah dari Pegawai dan Dosen. Kegiatan ini digelar pada Kamis, 04 April 2024 melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) bertempat di Ruang Layanan Terpadu Kampus A. Yani UINSA Surabaya. Penyaluran Zakat Fitrah ini diserahkan langsung Kepala Pusat Pengabdian, Dr. Agus Afandi, M.Fil.I., bersama Kepala Pusat Penelitian, A. Kemal Riza, S.Ag., M.A.

Total dana yang terkumpul untuk kebutuhan Zakat Fitrah ini sebanyak RP.72.900.000,- (Tujuh Puluh Dua Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah). Sebanyak 972 paket dana Zakat Fitrah disalurkan bagi warga kampus UINSA baik di Kampus A. Yani maupun Gunung Anyar.

Dr. Agus dalam kesempatan ini menjelaskan, bahwa penyaluran Zakat menjadi salah satu upaya menjaga relasi kampus dengan warga di lingkungan sekitar kampus. Disamping kegiatan lainnya seperti pengabdian masyarakat oleh dosen maupun mahasiswa yang juga diantaranya di lakukan di sekitar kampus.

“Harapannya masyarakat merasa ikut juga menjadi bagian dari kampus, mempunyai rasa memiliki kampus,” ujar Dr. Agus. Dari rasa memiliki inilah diharapkan masyarakat lebih aware dengan kondisi kampus sehingga sinergi antara kampus dan masyarakat lebih erat lagi.

“Tadi juga kami sampaikan, bahwa UINSA juga menyediakan bantuan dana Pendidikan bagi mahasiswa kurang mampu melalui skema zakat mal yang juga dikelola kampus melalui UPZ (Unit Pengumpul Zakat) UINSA,” imbuh Dr. Agus. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya