Berita

UINSA GELAR UPACARA HARI GURU TAHUN 2023

UINSA Newsroom, Sabtu (25/11/2023); Menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nomor 28 Tahun 2023 Tanggal 20 November 2023 tentang Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru 2023, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar upacara di Halaman Gedung Twin Towers pada Sabtu, 25 November 2023. Upacara ini dipimpin Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UINSA Surabaya.

Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd., Dekan FTK UINSA dalam kesempatan ini membacakan langsung amanat Menteri Agama RI. Dalam amanatnya, Menag RI menyampaikan bahwa Guru adalah profesi yang sangat agung dan bermartabat. Sehingga hanya orang-orang terbaiklah yang terpilih menjadi guru.

“Apresiasi tertinggi patut disematkan kepada guru-guru Indonesia. Guru lah suluh bangsa yang menjadi penerang dan sosok yang mencerahkan setiap generasi, mengantarkan kebangkitan dan kemajuan bangsa,” ujar Menag RI.

Menag juga menegaskan, bahwa di saat tantangan zaman kian kompleks, guru ikut memikul tanggung jawab besar dalam membentuk generasi yang tangguh, sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama kehadiran kecerdasan buatan seperti Chat GPT Artificial Intelligence (AI), menuntut guru untuk terus menjadi pembelajar demi lahirnya anak bangsa yang mumpuni dalam merespon isu global masa kini.

Hal itu, seiring dengan tema Hari Guru Nasional tahun 2023, yakni “Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar,” yang mencerminkan potret guru yang transformatif. Rektor UINSA, Prof Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA, M.Phil., Ph.D., ditemui usai upacara menyampaikan ucapan terima kasih kepada para guru yang telah menjadi inspirasi bagi kehidupan anak bangsa.

“Baktimu memberi pelajaran kepadaku, bahwa tak cukup hanya sebagai sumber informasi. Keberadaanku hari ini sebagai guru juga tidak boleh krisis teladan, tidak boleh minus teladan,” tegas Prof. Muzakki.

Upacara yang dihadiri segenap tim manajemen, dosen, serta tenaga kependidikan pada UINSA Surabaya ini berlangsung khidmat berbalut pakaian adat nusantara. Kendati sederhana, namun upacara di akhir pekan ini mengajak kepada segenap elemen bangsa untuk terus memberikan kinerja terbaiknya, sebagaimana perjuangan para guru. Sosok berjuluk ‘pahlawan tanpa tanda jasa.’ (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya
Highlight: Rian