Berita

TINGKATKAN KUALITAS PENERIMA BEASISWA, UINSA GELAR PENYUSUNAN KONSTRUK PSIKOLOGIS DAN ToT BIPA

UINSA Newsroom, Senin (17/07/2023); Sabtu, 15 Juli 2023, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya berkerjasama dengan dua stakeholder mengadakan dua kegiatan penting yang berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan. Kegiatan tersebut meliputi penyusunan konstruk psikologis dalam tes BIB (Beasiswa Indonesia Bangkit) serta pelatihan ToT (Training of Trainer) BIPA (Bahasa Indonesia bagi Pelajar Asing).

Prof. Dr. Kusaeri, M.Pd., Ketua Pusat Studi Pengukuran dan Pengujian Pendidikan UINSA Surabaya menjelaskan, bahwa tim penyusunan konstruk psikologi dalam tes BIB terdiri dari pakar-pakar berpengalaman. Antara lain Dr. Prasetyo Budi Widodo, S.Psi., M.Si., Ketua Senat Fakultas Psikologi UNDIP yang memiliki pengalaman dalam mengawal soal tes ASN; Dr. Ali Ridho, M.Si., Wakil Dekan I Psikologi UIN Malang yang mengawal UMPTKIN; dan Dr. Nur Ainy Fardana N., M.Si., Psikolog., Wakil Dekan I Psikologi Universitas Airlangga yang mengawal SNPDB luar negeri.

Dr. Abdullah Faqih, M.A, M.Ed., Sekretaris Program Mangement Unit (PMU) Beasiswa LPDP-Kemenag RI, menekankan pentingnya beberapa item dalam tes ini, salah satunya adalah moderasi. Tes BIB ini memiliki prestise tinggi bagi mahasiswa yang berhasil memperoleh kesempatan tersebut. “Diharapkan dengan penyusunan konstruk psikologi yang tepat, tes ini dapat mengidentifikasi potensi kegagalan atau kesuksesan mahasiswa penerima beasiswa,” tegas Dr. Faqih.

Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., turut hadir dan membuka kedua kegiatan tersebut. Dalam pidatonya, Rektor menekankan pentingnya rekomendasi dari reviewer LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) berdasarkan hasil tes psikologis yang akurat.

“Hal ini akan memastikan bahwa mahasiswa yang diterima benar-benar siap dan memiliki potensi untuk menyelesaikan studinya. Sehingga risiko kegagalan studi dapat diminimalisir,” uajr Prof. Muzakki.

Acara tersebut ditutup dengan doa dari Dr. H. Hammis Syafaq, M.Fil.I., Wakil Direktur Pascasarjana UINSA Surabaya berharap agar kegiatan ini dapat berjalan sukses dalam tiga hari ke depan.

Dengan adanya upaya penyusunan konstruk psikologis yang baik dan pelatihan Bahasa Indonesia bagi pelajar asing, diharapkan kualitas penerima beasiswa dapat ditingkatkan dan kontribusi mereka dalam bidang akademik semakin signifikan.