Berita

Dalam rangka menjamin mutu akademik Prodi Pendidikan IPA melalui proses monitoring dan evaluasi, GKM melakukan pemantauan perkuliahan di beberapa kelas sampling. Sesuai siklus PPEPP dalam penjaminan mutu, tahap evaluasi merupakan salah satu tahap penting dalam pengendalian mutu. Berdasarkan hasil evaluasi, maka akan disusun rencana perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran.

Proses monitoring dilaksanakan oleh Dr. Siti Lailiyah, M.Si dan Dr. Aning Wida Yanti, M.Pd selaku GKM MIPA terhadap kelas perkuliahan Evaluasi Pembelajaran dan Fisafat IPA. Secara garis besar, kelas perkuliahan telah sesuai dengan jadwal dan skenario yang tertulis di Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Perkuliahan telah menggunakan metode dan media pembelajaran yang relevan, serta meningkatkan keterampilan berpikir siswa. Bentuk penggunaan hasil penelitian dan atau pengabdian masyarakat dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Filsafat IPA dilakukan melalui tugas proyek untuk menerapkan proses berpikir, membuat mind mapping, serta aplikasi ilmu filsafat IPA dalam kehidupan.

Adapun terkait sarana dan prasarana kelas yang perlu diperhatikan antara lain kapasitas ruang perkuliahan di F.103 relatif kecil dan tidak kondusif digunakan terutama untuk aktivitas berkelompok serta belum tersedianya LCD permanen di kelas sehingga sorotnya tidak maksimal/kecil. Dengan adanya monev perkuliahan ini, diharapkan dapat menjadi sistem kontrol dalam peningkatan mutu akademik perkuliahan Prodi PIPA UINSA. (NI)