Berita

Kamis,13/10/2002; kegiatan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Online Prodi Pendidikan IPA yang dilaksanakan di Ruang Laboratorium 306 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Lantai 3 berjalan dengan lancar. Acara ini bertujuan untuk melatih mahasiswa semester 5 agar dapat membuat media pembelajaran interaktif berbasis online. Kegiatan dimulai pukul 08.00 diawali pembukaan oleh MC, pembacaan ayat suci Alqur’an, serta dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan Ketua Prodi Pendidikan IPA UIN Sunan Ampel Surabaya, Maunah Setyawati, M.Si. Dalam sambutannya, Maunah menyampaikan  kepada mahasiswa untuk lebih semangat dalam mengikuti pelatihan ini agar memahami cara membuat media pembelajaran berbasis online. Sambutan juga disampaikan Dr. Aning Wida Yanti, M.Pd selaku sekretaris Jurusan MIPA. Aning menyampaikan apresiasinya kepada peserta dan prodi karena telah mengadakan kegiatan inovatif yang relevan dengan kebutuhan zaman.

Kegiatan inti dipandu oleh moderator Nailil Inayah, M.Pd, adapun sebagai narasumber adalah Hirnanda Dimas Pradana, M.Pd, dosen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya yang menyampaikan materi pembuatan video pembelajaran interaktif dan Arip Ramadan, M.Stat membawakan materi metaverse dalam dunia pendidikan. Materi disampaikan dengan baik dan menarik sehingga mahasiswa  paham terhadap materi yang disampaikan.

Media pembelajaran harus dibuat dengan menarik, kreatif, dan interaktif, agar siswa antusias selama mengikuti proses pembelajaran. Adapun poin-poin materi meliputi (1) Pengertian media pembelajaran; (2) Pembagian media pembelajaran; (3) Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan media pembelajaran; (4) Macam-macam media pembelajaran; (5) Jenis konten Video pembelajaran; (6) Peranan Teknologi; dan (7) Platform Pembuatan Media. Materi berikutnya meliputi dunia metaverse dan aplikasinya di dunia pembelajaran. Pemateri menyampaikan berkaitan dengan manfaat, komponen-komponen metaverse yang meliputi virtual reality, Life logging, Augmented Reality, dan Mirror word. Selanjutnya, beberapa platform yang berkaitan dengan dunia metaverse diantaranya Decentraland, The Sandbox, Voxels, Horizon Worlds, Portals, Somnium Space, Spatial, Roblox, Spotify Island, dan Metanesia.

Disamping materi, kegiatan juga dikemas dalam bentuk praktik langsung pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis online. Dalam kegiatan praktik, mahasiswa dipandu dalam pembuatan video interaktif. Pembuatan video pembelajaran dilakukan dengan menggunakan platform online Canva yang diupload pada youtube, sedangkan proses interaktifitasnya melalui H5P yang dapat diakses pada h5p.org. Canva yaitu website atau aplikasi online yang dapat diakses semua orang. Meskipun website atau aplikasi online ini berbayar, namun masih terdapat banyak fitur yang dapat diakses gratis seperti template pembuatan Power Point, template video, dan icon-icon lainnya. Sedangkan H5P merupakan website online yang dapat digunakan untuk menginteraktifkan video youtube. Meskipun website atau aplikasi online ini berbayar, namun pengguna dapat melakukan uji coba gratis selama 20 hari.

Diakhir acara, dilakukan penilaian terhadap desain dan konten video pembelajaran interaktif serta dipilih 2 creator terbaik oleh Narasumber. Dua video interaktif terbaik tersebut adalah karya Rania Alfi Syahrin dan Rohil Lila. Output hasil video pembelajaran interaktif ini juga menjadi penilaian salah satu tugas mata kuliah pengembangan software pembelajaran IPA yang sedang mereka tempuh.

Peserta kegiatan yang merupakan mahasiswa semester lima Prodi Pendidikan IPA sangat antusias mengikuti kegiatan. Hal ini terbukti mahasiswa telah menyelesaikan video pembelajaran interaktif dengan sangat menarik.