Berita

14-16 Oktober 2022 telah terlaksana kegiatan tahunan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Tahsinul Lughoh Season 2. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Tahsinul Lughoh Season 1 yang telah terlaksana pada 1-2 Oktober 2022 di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Tahsinul Lughoh 2022 Season 2 bertempat di Villa Cahaya Pacet, Mojokerto. Acara di awali dengan check-in, pengondisian, dan shalat maghrib berjamaah, lalu dilanjutkan dengan post-test yang dimulai pada pukul 19.00 WIB. Post-test ini dilakukan sebagai kegiatan evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui taraf pengetahuan dan pemahaman mahasiswa baru terhadap materi-materi yang telah disampaikan di Tahsinul Lughoh Season 1.

Rangkaian acara dalam Tahsinul Lughoh 2022 dilanjutkan dengan pengenal panitia yang terdiri dari Steering Commitee (SC) dan Organizing Committe (OC). Dengan adanya sesi pengenalan panitia, diharapkan mahasiswa baru bukan hanya mengenal mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 selaku kakak tingkat, tetapi juga mempunyai gambaran terkait apa saja panitia yang dibutuhkan dalam kegiatan Tahsinul Lughoh dan bagaimana job descriptionnya.

Selanjutnya, acara pembukaan dimulai pada pukul 20.30 WIB. Dalam rangka menyambut mahasiswa baru di acara Tahsinul Lughoh Season 2, Wildan Afiq Kurrosiki selaku Ketua Organizing Committee (OC) Tahsinul Lughoh 2022 mengungkapkan bahwa mahasiswa baru hendaknya bersyukur karena bisa menjadi mahasiswa adalah sebuah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan.

“Menjadi mahasiswa adalah peluang kenikmatan sekaligus tanggungjawab, jadi manfaatkan kesempatan ini dengan baik”. Pungkas Wildan Afiq saat sambutan.

Dalam sambutannya, General Manajer Steering Committee (SC), Naufaldi Alif ER Mubarok, berharap mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab tahun 2022 memaksimalkan implementasi materi dari Tahsinul Lughoh 2022. Selaras dengan jargon Tahsinul Lughoh yaitu “kenali diri, satukan visi, wujudkan mimpi” mahasiswa baru harus menyatukan visi dengan cara saling bersosialisasi dan memaksimalkan kerja kelompok.

“Manfaatkan momen 3 hari bersama sebagai bekal dalam kehidupan perkuliahan, dalam rangka membangun pergerakan teknokrasi angkatan 2022, 89 peserta yang hadir dijamin tidak akan menyesal dan akan mendapatkan momen-momen kebersamaan angkatan yang tidak akan didapatkan diwaktu lain selama menjadi mahasiswa baru” Pungkas Naufaldi Alif.

Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Muhammad Ali Murteza, mengungkapkan dalam sambutannya, kurang lebih sekitar dua minggu lalu telah terlaksana Tahsinul Lughoh Season 1 dan hari ini telah tiba Tahsinul Lughoh  Season 2. Kegiatan ini bertujuan untuk meraketkan angkatan, menyatukan emosi, dan ajang saling mengenal dengan satu dan yang lain. Diharapkan angkatan 2022 kedepannya akan memiliki program-program yang menunjang dan menunjukkan bahwa prodi Pendidikan Bahasa Arab lebih baik dari prodi lain.

“Kalian boleh memiliki pikiran yang berbeda tapi kalian tetap harus berpikir bersama”. Imbuh Ali Murteza dalam sambutannya sebagai closing statement sekaligus pesan untuk angkatan 2022.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Dr. Imam Syafi’i, S.Ag, M.Pd.I, Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Beliau mengungkapkan bahwa kegiatan Tahsinul Lughoh yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun ini bertujuan untuk memperat persaudaraan dan menciptakan solidaritas, menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan diantara mahasiswa angkatan 2022.

“Tahsinul Lughoh 2022 Season 2 yang diadakan selama 3 hari ini merupakan momen istimewa dan dirancang khusus bagi mahasiswa baru untuk saling mengenal”. Ujar Ustadz Imam Syafi’i.

“Salah satu indikator keberhasilan adanya Tahsinul Lughoh adalah bagaimana mahasiswa baru saling mengenal satu sama lain sehingga mereka bukan hanya berkenalan sebagai teman dalam dunia perkuliahan, tetapi juga bagaimana agar hubungan antar mahasiswa terjalin erat dan memiliki rasa persaudaraan yang tinggi”. Tambah Ustadz Imam Syafi’i.

Acara dihari berikutnya, 15 Oktober 2022 diawali dengan senam pagi dan jalan sehat. lalu dilanjutkan dengan pengenalan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) dan pengenalan ITHLA, yang mana HMP dan ITHLA ini adalah dua organisasi yang perlu untuk diketahui bagaimana detail inti organisasinya oleh mahasiswa baru. HMP selaku organisasi intra kampus memaparkan visi, misi dan divisi-divisi yang ada beserta anggotanya. ITHLA yang merupakan organisasi persatuan mahasiswa bahasa Arab nasional juga perlu diperkenalkan kepada mahasiswa baru supaya nantinya mahasiswa baru mengetahui dan dapat bergabung dengan organisasi yang menghimpun seluruh mahasiswa bahasa Arab se-Indonesia ini.

Seperti pada season 1, Tahsinul Lughoh Season 2 juga meghadirkan momen yang belum pernah diadakan dalam Tahsinul Lughoh sebelumnya, yaitu diskusi panel. Diskusi panel ini merupakan kegiatan semacam debat yang dilakukan oleh dua kelompok yaitu tim Pro dan tim kontra untuk saling bertukar gagasan mengenai mosi yang dibahas. Mosi yang dibahaspun sesuai dengan mahasiswa baru sebagai mahasiwa bahasa yaitu “Penggunaan Bahasa Asing dalam Komunikasi Sehari-Hari Menunjukkan Kurangnya Rasa Nasonalis Bangsa”. Kegiatan yang berlangsung selama 60 menit ini bertujuan agar mahasiswa baru mampu dan berani mengungkapkan pendapat serta gagasan yang berdasarkan data dan fakta.

Keseruan Tahsinul Lughoh Season 2 berlanjut dengan adanya kegiatan outbond. Selain sebagai ajang melepas penat setelah menjalani seluruh rangkaian kegiatan dari Tahsinul Lughoh, outbond juga dilakukan sebagai kegiatan yang mampu membuat mahasiswa baru have fun dan kompak satu sama lain, berbagai game yang dirancang untuk dimainkan secara berkelompok pun disinergi mampu menumbuhkan jiwa kompetitif dalam diri mahasiswa baru.

Acara dihari kedua ini diakhiri dengan adanya sambutan dan motivasi dari alumni prodi Pendidikan bahasa Arab tahun 2015-2018. Beberapa perwakilan tiap angkatan dari alumni yang hadir menyampaikan pesan-pesan kepada mahasiswa yang mana dengan adanya momen bersama alumni ini, mahasiswa bisa lebih mengenal bagaimana kehidupan perkuliahan prodi Pendidikan Bahasa Arab dan bisa mendapatkan cerita pengalaman serta mendapat motivasi. Acara dilanjutkan dengan penampilan inagurasi dari setiap kelompok yang bertujuan mengasah kreatifitas mahasiswa baru. Berikutnya, acara penutupan kegiatan Tahsinul Lughoh dengan pelepasan ID-Card oleh Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Dr. Imam Syafi’i, S.Ag, M.Pd.I kepada perwakilan mahasiswa baru dan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru pendidikan bahasa Arab tahun 2022.

Acara dihari ketiga, 16 Oktober 2022 diisi dengan pemilihan ketua angkatan 2022. pemilihan ketua angkatan dilakukan secara voting yang menghasilkan beberapa nama calon ketua angkatan yaitu M. Abdurrafi’ Hanif dengan 20 suara, Rafi Dzikriyansyah dengan 16 suara, Ahmad Purnomo Wahyu Syaiban dengan 25 suara, Salman Alfarisi dengan 15 suara, dan M. Anis Irfandi dengan 13 suara. Sesuai dengan hasil voting terbanyak, maka terpilihlah Ahmad Purnomo Wahyu Syaiban sebagai ketua angkatan tahun 2022.

“Terima kasih kepada seluruh mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab tahun 2022 yang telah memberikan amanah besar kepada saya untuk menjadi ketua angkatan 2022, saya berharap kita dapat bekerja sama untuk mempererat angkatan dengan tidak menghilangkan hal-hal baik yang sudah ada dan memperbaiki yang belum baik agar  menjadi lebih baik”. Ungkap Ahmad Purnomo Wahyu Syaiban sebagai Ketua Angkatan 2022.