Berita

UINSA Newsroom, Senin (30/10/2023); Para mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia atau lebih dikenal dengan sebutan Generasi Baru Indonesia (GenBi) komisariat UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar program kerja lagi dengan nama kegiatan SKILLAS (Skill Class of Public Speaking) pada hari Sabtu, 7 Oktober 2023.

Bertempat di Gedung Auditorium Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UINSA, acara ini mengusung tema, “Explore Your Skills, Build Up Your Confidence in Public Speakin.

Acara ini diikuti 30 peserta yang merupakan anggota internal GenBi UINSA dan 11 panitia dari Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM). “Tujuan terselenggaranya acara ini agar seluruh Awardee GenBi UINSA bisa mempelajari, mengetahui, dan dapat mengaplikasikan terkait seni berbicara di depan umum atau public speaking,” ujar panitia penyelenggara.

Dalam kesempatan kali ini, GenBi UINSA menghadirkan narasumber, Coach Alvin Khoiron yang sudah berpengalaman di bidang public speaking. Acara ini dijadikan ajang untuk memahami teknik public speaking dan mengutarakan keluh kesah para peserta tentang kendala-kendala apa yang menghambat ketika berbicara di depan umum.

Hal yang membedakan acara ini dengan acara pelatihan public speaking lainnya adalah adanya sesi praktik public speaking. Praktik ini dilakukan selama 30 menit setelah sesi tanya jawab. Konsep praktik yaitu menunjuk 6 peserta untuk maju kedepan dengan menjelaskan kata kunci yang disebutkan selama 3 menit dan dikoreksi langsung Coach Alvin. Acara ini ditutup oleh sesi foto bersama dan doa.

Reportase: Jihad A.
Redaktur: Nur Hayati