Berita

Gunung Anyar, Surabaya – (13/08/2024) Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (PBAK UINSA) menjadi agenda paling ditunggu oleh para mahasiswa baru setiap tahunnya. Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) tak ketinggalan mengikuti serangkaian kegiatan PBAK hari pertama yang bertempat di UINSA kampus Gunung Anyar. Antusiasme dan semangat mahasiswa baru dapat terdengar dari meriahnya adu yel-yel oleh masing-masing fakultas sejak pukul 06.30 WIB.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, PBAK UINSA kali ini pun diselenggarakan serentak di dua tempat, yakni UINSA kampus Ahmad Yani dan kampus Gunung Anyar. PBAK UINSA kampus Gunung Anyar sendiri, secara resmi dibuka pada pukul 09.00 WIB oleh Prof. Abdul Muhid, M.Si. selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat kepada para mahasiswa baru yang telah memilih UINSA sebagai perguruan tinggi tujuan. Tak hanya itu, mahasiswa baru FPK secara khusus turut diberikan apresiasi mengingat banyaknya peminat dan ketatnya persaingan untuk dapat diterima pada dua prodi kebanggaan FPK.

Usai menyampaikan sambutannya, Prof. Abdul Muhid, M.Si. turut memakaikan jas almamater secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa baru dan diikuti oleh seluruh peserta PBAK. Acara pun berlanjut dengan penyampaian materi wawasan kebangsaan yang diharapkan mampu menjadi pondasi kuat bagi para peserta PBAK, sebelum menjalani fase kehidupan baru sebagai seorang mahasiswa.

Selepas istirahat makan siang, kegiatan PBAK hari pertama berlanjut pada perkenalan organisasi mahasiswa (ormawa) tingkat universitas, serta unit kegiatan mahasiswa (UKM) seperti: Unit Pengembangan Tahfidzul Quran (UPTQ), Unit Keolahragaan (UKOR), Bela diri, debat dan banyak lainnya. Serangkaian kegiatan PBAK hari pertama pun berakhir pada pukul 17.00 WIB. Para peserta PBAK disilakan membubarkan diri setelah menunaikan salat ashar dengan dikoordinir oleh panitia masing-masing fakultas.

Sesuai dengan tema besar PBAK UINSA 2024, “Merawat Kebangsaan, Memperkuat Keislaman: Langkah Menuju Indonesia Emas 2045”, setelah melalui rangkaian kegiatan PBAK hari pertama ini, seluruh mahasiswa baru diharapkan dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan menjujung tinggi nilai-nilai keislaman tanpa mengesampingkan nilai kebangsaan.

Writer: Septi Nur Azizah
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi