Berita

Surabaya — (12/08/2024) Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) akan segera dimulai. Seluruh Fakultas termasuk Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) melaksanakan welcoming day. Kegiatan welcoming day ini dilaksanakan di halaman FPK UINSA yang dimulai pada pukul 09.30 WIB.

Setelah seluruh peserta mahasiswa baru serta jajaran dekanat dipastikan telah berada di venue, dimulailah acara pembukaan yang dibuka oleh Esti Novi Andyarini, M.Kes selaku sekretaris jurusan Psikologi dan Kesehatan. Dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yaitu Surah Ad-Duha sampai An-Nas secara bersama-sama. Selanjutnya ialah sambutan dari Gubernur Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA).

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Dr. phil. Khoirun Niam selaku Dekan FPK yang sekaligus membuka acara welcoming day pada siang hari tersebut. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta mahasiswa baru yang telah berhasil naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan menjadi mahasiswa Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA. Tentu beliau sangat bangga dan memberikan banyak apresiasi kepada mereka.

Agenda selanjutnya yakni pengenalan dari Unit Pengelola Program Studi (UPPS) yang disampaikan langsung oleh Prof. Rubaidi, M.Ag., selaku Wadek III dan Syrafudin Faisal Thohar, S.Psi. M.Psi. Psikolog selaku Sekretaris Prodi Psikologi. Mereka mengenalkan program studi psikologi dan gizi kepada mahasiswa baru, beserta sedikit informasi terkait apa saja yang akan mereka pelajari setelah nanti memasuki masa kuliah.

Setelah jajaran dekanat usai menyampaikan informasi dan berpamitan kepada mahasiswa baru untuk meninggalkan venue, acara diambil alih kembali oleh panitia dan dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh ketua pelaksana pbak FPK 2024 dan pembacaan tata tertib selama pelaksanaan PBAK. Kemudian tepat setelah ketua pelaksana memberikan sambutannya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad. Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. selaku rektor UINSA dan Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si. selaku Wakil Rektor (Warek) III beserta beberapa petinggi UINSA turut mendatangi venue welcoming day untuk menyapa juga memberikan beberapa sepatah kata kepada mahasiswa baru FPK. Tak hanya itu, beliau juga terlihat sangat mengapresiasi upaya FPK dalam suksesnya penyelenggaraan kegiatan welcoming day tersebut, tak lupa beliau juga foto bersama para mahasiswa baru.

Tak hanya sampai disitu, agenda selanjutnya ialah bounding kelompok mahasiswa baru dengan penanggung Jawab (PJ) dari masing-masing kelompok, yang juga bersamaan dengan pembagian jas almamater oleh panitia. Hal ini tidak berlangsung lama, karena setelahnya para peserta mahasiswa baru dipersiapkan untuk tur fakultas yang didampingi oleh panitia dan PJ setiap kelompok. Tur fakultas ini tentu bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan informasi kepada mahasiswa baru tentang ruangan dan fasilitas apa saja yang ada di dalam FPK, mulai dari lantai satu hingga lantai enam.

Setelah puas berkeliling dalam tur fakultas, para mahasiswa baru dikumpulkan kembali menjadi satu untuk latihan yel-yel dan jargon. Para peserta tentunya sangat semangat dalam menyanyikan yel-yel serta lagu Buruh Tani, terlihat dari wajah mereka yang semangat dalam menyanyikan lagu-lagu tersebut. Terakhir, kegiatan welcoming day akhirnya ditutup tepat pada pukul 14.00 WIB. Semoga acara PBAK dalam 3 hari kedepan akan berjalan dengan lancar dan tanpa ada masalah yang serius.

Writer: Najwa Laska Halqi
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi