Berita

RAKER GENBI UINSA 2023/2024: PERTEMUAN YANG MEMBERI WAWASAN

UINSA Newsroom, Rabu (14/06/2023); Generasi Baru Indonesia (GenBI) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mengadakan rapat kerja periode 2023/2024. Rapat kerja tersebut berlangsung pada Sabtu (10/06), bertempat di Auditorium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) lantai 5 Kampus Gunung Anyar UINSA Surabaya. Tujuan diselenggarakannya rapat kerja ini agar 75 awardee GenBI dapat mengetahui program kerja dari BPH dan divisi-divisi dalam satu periode ke depan, serta menjadi sarana pertemuan para anggota.

Dimas Surya Purnomo Syaiful, Ketua Umum GenBI UINSA periode 2023/2024 menjelaskan, bahwa rapat kerja tersebut mengangkat tema G-Insight (GenBI Rapat Inspiring Insights and Growth for Better Impact). Maksud dari tema tersebut agar 75 Awardee GenBI UINSA dapat tumbuh bersama dan memberikan dampak yang lebih baik ke depannya.

Ia juga menambahkan bahwa GenBI UINSA bukan hanya penerima beasiswa Bank Indonesia. Namun sebagai wadah untuk bertumbuh bersama-sama dengan program-program yang dijalankan dalam komunitas agar dapat mengembangkan diri satu sama lain.

“Nah, bahwasannya dari sini kita bisa ber-progress, bisa bertumbuh dengan program-program yang akan kita laksanakan. Dan bahwasannya karena kita satu orang gitu ya, satu orang, bukan satu komunitas yang dimana komunitas beasiswa ini kan memiliki tujuan yang hampir sama untuk pendidikan yang lebih baik lagi berprestasi. Oleh karena itu, dengan adanya komunitas ini yaitu untuk saling meng-upgrade diri satu sama lain,” imbuhnya.

Dimas berharap dengan diadakannya rapat kerja periode ini, 75 Awardee GenBI UINSA dapat memiliki rasa untuk saling memiliki, lebih berprestasi dalam bidang akademik maupun nonakademik, menambah soft skill dan hard skill, dan juga dapat menjalankan tugas dari GenBI. “Sebagai awardee dari GenBI UINSA kepinginnya itu adalah menjalankan tugas dari tugas GenBI itu sendiri, yaitu sebagai agent of change, future leader, dan frontliner,” ucapnya.

Selain itu, Deva Elfito Arifian selaku Ketua Panitia Pelaksana Rapat Kerja GenBI periode 2023/2024 menjelaskan, persiapan panitia dalam rapat kerja ini sangat matang. Meskipun terdapat kendala pada penentuan tempat.

Deva juga memaparkan inovasi pada rapat kerja ini, bahwasannya dengan anggota dan wajah-wajah baru, akan mendapatkan pengalaman dan ilmu baru yang dapat diimplementasikan pada internal kampus dan eksternal masyarakat. “Karena bagaimana pun teman-teman disini adalah dari masing-masing fakultas seluruh UIN, jadi tentunya banyak sekali pengalaman yang dapat kita ambil, dan kita implementasikan kepada masyarakat atau pada internal kampus sendiri untuk mendapatkan nama GenBI menjadi lebih besar lagi di kalangan internal kampus maupun di eksternal masyarakat,” imbuhnya.

Ia berharap, dari tema yang telah diangkat pada rapat kerja ini dapat meningkatkan rasa intensi dan niat Para Awardee GenBI dalam mengikuti seluruh kegiatan yang terdapat di GenBI agar tercipta keharmonisan dalam komunitas GenBI.

Penulis: Riska Nur Hasanah