Berita

PWN PTK KE-XVI: KONTINGEN UINSA SURABAYA SIAP SUGUHKAN PANORAMA KEBERAGAMAAN

UINSA Newsroom, Senin (22/05/2023); Gelaran Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) ke-XVI secara resmi telah dibuka Menteri Agama Republik Indonesia H. Yaqut Cholil Qoumas. Perkemahan Wirakarya ke XVI ini diikuti 1.200 Pramuka dari Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) ini digelar di Bumi Perkemahan Kampus 2 IAIN Sultan Amai Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Pembukaan PWN ke-XVI ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Gorontalo Palo-Palo oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Kwarnas Budi Waseso, dan Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya. Turut serta, Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Zulkarnaen Suleman dan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Menag RI, H. Yaqut Cholil Qoumas selaku inspektur upacara menyampaikan, PWN ke-XVI harus dijadikan sebagai momentum untuk meneguhkan diri sebagai sebuah gerakan yang adaptif, inovatif, dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan perubahan zaman.

Tahun ini, Kontingen UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mengirimkan 10 Peserta 2 Bindamping yang dipimpin langsung Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si., selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama.

Kegiatan Perkemahan Wirakarya akan berlangsung selama 6 (enam) hari mulai tanggal 22 s.d 27 Mei 2023. Kegiatan bertemakan “Merawat Keberagamaan dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama” tersebut akan menyuguhkan berbagai macam kegiatan. Diantaranya, Bakti Sosial dan Pembuatan Tugu Wirakarya di Desa Binaan, Pengetahuan Umum, Pelatihan Keterampilan, Penampilan Tari Nusantara, sampai dengan Parade Makanan Nusantara.

Dalam kegiatan tersebut, Rektor UINSA Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., menyampaikan, bahwa Pramuka UINSA siap mensukseskan Perkemahan Wirakarya serta sebagai pelopor keberagamaan. Rektor juga berharap, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik serta menumbuhkan semangat kreatifitas bagi tunas-tunas muda Indonesia. (Bgs/Bindamping)