Berita

BUKA PWN PTK KE-XVI, MENAG RI AJAK JAWAB SINISME TERHADAP GERAKAN PRAMUKA

UINSA Newsroom, Senin (22/05/2023); Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas resmi membuka Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) Ke-XVI pada Senin, 22 Mei 2023. Bertempat di Lapangan Bumi Perkemahan IAIN Sultan Amai Gorontalo, Menag RI menegaskan tentang pentingnya membangun trilogi relasi sebagai hakikat pramuka.

Sejarah panjang kepanduan, menurut Menag RI, seyogyanya mendorong anggota pramuka untuk selalu merenungkan hakikat Pramuka. Dalam konteks kepanduan Indonesia, terdapat trilogi relasi yang mendasari gerakan pramuka Indonesia. Yakni, hablu minallah, hablu minannas, dan hablu minal alam.

“Apabila trilogi relasi ini betul-betul diimplentasikan secara nyata dalam kehidupan sehari- hari, maka para pandu kita akan menjadi insan nan paripurna,” ujar Gus Men-sapaan akrab Menag RI di hadapan segenap peserta PWN PTK ke-XVI di Sultan Amai Gorontalo.

Seiring dengan derap perubahan yang tak terelakkan, Gus Men menegaskan, bahwa sudah menjadi keharusan bagi gerakan pramuka untuk menyesuaikan diri. Sudah saatnya menghindari kegiatan-kegiatan karikatif, seremonial belaka yang nir makna. “Kini saatnya menjawab sinisme terhadap gerakan pramuka yang hanya menganggap sebagai gerakan tepuk tangan semata,” tegas Gus Men.

Karenanya, PWN PTK ke-XVI Tahun 2023, lanjut Gus Men, harus dijadikan momentum untuk meneguhkan diri sebagai sebuah gerakan yang adaptif, inovatif, dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan perubahan zaman.

Tema besar yang diusung pada PWN PTK Ke-XVI, ‘Merawat keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama,’ dinilai Gus Men, sebagai sebuah tema yang cukup menantang sekaligus membutuhkan pembuktian segenap insan pramuka. Terlebih apabila dikaitkan dengan tiga sifat kepanduan. Yakni bersifat Nasional, Internasional, serta Universal.

“Gerakan pramuka harus menjadi garda depan dalam menyemai perdamaian dan memperkokoh persatuan. Dengan potensi yang luar biasa, saya yakin dan percaya gerakan pramuka akan mampu menjawab berbagai tantangan dan perubahan zaman,” ujar Gus Men dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini, Gus Men juga mengajak kepada segenap anggota pramuka untuk menghibahkan jiwa dan raga dalam rangka menjaga keutuhan dan persatuan negara. (Nur-Zum/Humas)