Berita

PEDULI SAMPAH, MAHASISWA UINSA AJAK WARGA TINGKATKAN KESADARAN PENGELOLAAN BANK SAMPAH

UINSA Newsroom, Senin (10/07/2023); Dalam upaya untuk mendorong partisipasi aktif warga dalam pengelolaan bank sampah, Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dan Bank Sampah Syari’ah UINSA bekerja sama dengan warga Jemurwonosari RW 05 mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Melalui Pengelolaan Bank Sampah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat RW 05 di Kelurahan Jemur Wonosari.” Acara ini digelar pada Jumat, 16 Juni 2023, dan diikuti 30 peserta.

FGD ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran warga terhadap pentingnya bank sampah sebagai salah satu solusi dalam mengelola sampah secara efektif dan berkelanjutan. Dalam sesi FGD yang interaktif, mahasiswa UINSA dan perwakilan dari Bank Sampah Syari’ah UINSA memberikan pemahaman tentang konsep bank sampah, manfaatnya, serta cara partisipasi aktif dalam pengelolaan bank sampah.

Selama diskusi, peserta FGD berbagi pengalaman, ide, dan pandangan terkait implementasi bank sampah di lingkungan mereka. Mereka membahas strategi untuk meningkatkan partisipasi warga dalam mengumpulkan dan memilah sampah yang dapat dijadikan sumber daya ekonomi melalui bank sampah. Mahasiswa dan perwakilan bank sampah memberikan informasi tentang proses pengumpulan, pengolahan, dan manfaat dari hasil daur ulang sampah yang terkelola dengan baik.

Poniman selaku Ketua RW 05 Jemur Wonosari yang hadir dalam acara tersebut, mengungkapkan kegembiraan atas adanya kegiatan ini. Ia menyatakan komitmen untuk aktif terlibat dalam pengelolaan bank sampah dan akan mengajak masyarakatnya untuk ikut serta. “Saya percaya melalui kerjasama yang solid antara mahasiswa, bank sampah, dan warga, kami dapat mencapai lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan,” ujarnya optimis.

Kegiatan FGD ini merupakan langkah nyata mahasiswa UINSA dan Bank Sampah Syari’ah UINSA dalam mengajak masyarakat untuk peduli dan aktif dalam pengelolaan bank sampah. Diharapkan kegiatan ini akan menjadi awal yang baik dalam menciptakan kesadaran dan kepedulian yang lebih luas terhadap pengelolaan sampah melalui bank sampah di Jemur Wonosari RW 05.