Berita

Perkembangan Presentasi

Keluaran Mata Kuliah Aplikasi Komputer (Aplikom), Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Ampel (UINSA) menerapkan presentasi online Kajian Hukum Ekonomi Syariah (KHES) berbasis aplikasi komputer (live streaming). Inovasi ini didasari oleh materi perkuliahan hukum, ekonomi dan syariah seperti akad, ghoror dan riba. Materi tersebut telah diterima oleh Mahasiswa/i dari Semester 1 hingga 5. Sehingga bisa menjadi sebuah KHES.

Dosen Pengampu Aplikom beranalisis terkait “Aplikasi Komputer bisa menjadi objek penelitian atau pendukung penelitian atau kegiatan hukum, ekonomi dan syariah”. Bahwa pembahasan ini, bisa menjadi materi yang menarik bagi Mahasiswa/i HES Semester 6. Selain itu, Keluaran Mata Kuliah ini bertujuan untuk membuat Mahasiswa/i dapat memahami menyeimbangkan materi dan praktikum KHES dengan Aplikom. YouTube Live Streaming bisa digunakan sebagai media presentasi terkini.

Persiapan Kegiatan Presentasi Online KHES berbasis Aplikasi Komputer
Persiapan Kegiatan Presentasi Online KHES berbasis Aplikasi Komputer

Selain itu tahun 2023, perangkat komputer telah berkembang pesat. Ada lima bagian, seperti personal computer laptop, smartphone, smart watch, dan mixed reality headset. Kemudian, aplikasi tidak pernah berhenti kembang, pada awal tahun 2023 telah menjadi dua bagian. Antara lain, aplikasi berbasis internet seperti Sosial Media dan Artificial Intelligence (AI) seperti chatGPT. Aplikasi tersebut telah diterima oleh masyarakat hampir di seluruh dunia. Tetapi perangkat dan aplikasi tersebut masih belum menerapkan aturan – aturan syariat islam secara menyeluruh. Sehingga, ini bisa menjadi peluang bagi mahasiswa/i HES untuk menerapkan HES pada penerapan perangkat dan aplikasi.

Dukungan AMF Learning dan Edukasi

Dosen Pengampu Aplikom berkolaborasi dengan Mahasiswa/i HES Semester 6 kelas A, B, C dan D dalam mengadakan Live Streaming. Dosen Pengampu akan mengajarkan persiapan Live Streaming melalui YouTube channel AMF Edukasi dan didukung oleh AMF Learning. Selain itu, penggabungan materi KHES dengan Aplikasi Komputer menjadi sangat penting. Karena, Mahasiswa/i dapat mempresentasikan aplikasi sebagai objek penelitian dan mengoperasikan aplikasi sebagai pendukung penelitian.

Harapan dari kegiatan ini, setiap kelas dapat mempresentasikan studi kasus berbasis KHES dengan YouTube Live Streaming. Sehingga Presentasi Online KHES berbasis Aplikasi Komputer dapat terlaksana pada tanggal 26 – 27 Juni 2023. Pada sesi pertama diawali oleh kelas B membahas Top Up Game Online Via Whatsapp dan pembahasan yang lainnya.

Sesi I (https://s.id/Aplikom-HES6B)

Presentasi Online YouTube Live Streaming Kelas B
Presentasi Online YouTube Live Streaming Kelas B
Dasar Hukum Salam dan Wakalah
Dasar Hukum Salam dan Wakalah

Selang beberapa jam wakutnya, kelas D membahas presentasi online terkait kripto dan pembahasan yang lainnya sebagai berikut;

Sesi II (https://s.id/Aplikom-HES6D)

Presentasi Online YouTube Live Streaming Kelas D
Presentasi Online YouTube Live Streaming Kelas D
Presentasi Latar Belakang Studi Kasus
Presentasi Latar Belakang Studi Kasus

Selanjutnya, kelas C sebagai sesi III yang menerapkan satu – satunya berbasis diskusi santai terkait KHES secara Live Streaming sebagai berikut;

Sesi III (https://s.id/Aplikom-HES6C)

Presentasi Online YouTube Live Streaming Kelas C
Presentasi Online YouTube Live Streaming Kelas C
Diskusi Kajian Hukum Ekonomi Syariah Berbasis Live Streaming
Diskusi Kajian Hukum Ekonomi Syariah Berbasis Live Streaming

Kemudian Live Streaming terakhir, kelas A sebagai pelaksana presentasi online sesi IV. Kelas A menerapkan cara persentasi seperti sesi I, dan II sebagai berikut;

Sesi IV (https://s.id/Aplikom-HES6A)

Presentasi Online YouTube Live Streaming Kelas A
Presentasi Online YouTube Live Streaming Kelas A
Analisis Kualitatif Terhadap Studi Kasus Berdasarkan Usia Korespondensi
Analisis Kualitatif Terhadap Studi Kasus Berdasarkan Usia Korespondensi

Selanjutnya kegiatan para presenter dibalik layar selama proses live streaming berlangsung sebagai berikut

Kegiatan Di Balik Layar Presentasi Online KHES

Presentasi Online KHES menjadi perihal pertama bagi mereka, tetapi hal ini tidak membuat mereka takut dan menyerah.

kegiatan dibalik layar hes6c mas rinal
kegiatan dibalik layar hes6c

Bahkan mereka berjuang dan berikhtiar menjadi lebih baik dari pada sebelumnya. Sehingga mereka dapat mengoptimalkan presentasi online melalui YouTube. Berikut ini foto kegiatan di bali layar;

Kegiatan di balik layar HES6A Mbak Wulan
Kegiatan di balik layar HES6A
Kegiatan dibalik layar HES6B Mas Amru
Kegiatan dibalik layar HES6B
Kegiatan dibalik layar HES6B Mas Haris dan Mbak Nanda
Kegiatan dibalik layar HES6D

Dosen Pengampu Aplikom berterima kasih kepada jajaran pimpinan di FSH meliputi Dekanat, Kajur dan Sekjur Hukum Perdata Islam, Kaprodi dan Sekprodi Hukum Ekonomi Syariah. Berikut dukungan beliau kegiatan keluaran mata kuliah Aplikom dapat terlaksana. Terutama kepada Mahasiswa/i HES Semester 6 Angkatan 2020 kami mengucapkan terima kasih atas Presentasi Online KHES berbasis Aplikasi Komputer yang menarik.

Dosen Pengampu Aplikom

Subhan Nooriansyah, M.Kom