Berita

PECAH TELUR: UKM FORUM KEPENULISAN DAN PENELITIAN HUKUM RAIH JUARA 2 KOMPETISI ARTIKEL ILMIAH

UINSA Newsroom, Selasa (20/06/2023); Rabu, 07 Juni 2023 Unit Kegiatan Mahasiswa Forum Kepenulisan dan Penelitian Hukum (FKPH) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya berhasil mendapatkan Juara 2 dalam kompetisi Lomba Artikel Ilmiah Government Law Fair 2023. Kompetisi ini diselenggarakan Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura.

Sebagai UKM baru di lingkungan FSH, Juara ini merupakan kali pertama setelah beberapa kali hanya mampu menembus Babak Final. Pada pagelaran ini, FKPH mengirimkan dua Tim yang akan bersaing untuk mendapatkan podium kejuaraan dari 26 Tim yang berpartisipasi.

Alhasil Tim 2 yang diwakili Sivana Amanda Diamita Syndo (Program Studi Hukum) dan Mochammad Rafi Pravidjayanto (Program Studi Hukum Pidana Islam) mampu meraih Juara 2.

Tema yang disuguhkan Delegasi FKPH terkait dengan ‘Meaningfull Participation Generasi Muda dalam Penyelenggaraan Pemilu di Tahun 2024.’ Tentu tema tersebut merupakan tema yang seksi mengingat hadirnya pemuda di dunia digital merupakan salah satu katalis penting dalam penyelenggaraan Pemilu. Gagasan berupa pembentukan Timsus pada tingkat Kabupaten/Kota ternyata dianggap mampu memberikan ruang terhadap penyelesaian sekelumit problematika pada Pemilu yang selama ini telah terlaksana.

Moh. Bagus sebagai pembimbing pada kompetisi ini menyampaikan, bahwa, FKPH merupakan kumpulan mahasiswa yang memiliki etos belajar tinggi. “Malahan dalam menyiapkan kompetisi ini, beberapa kali harus bimbingan dan riset agar kualitas tulisan menjadi lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, Lutfil Ansori selaku pembina juga menyampaikan bahwa, UKM FKPH merupakan UKM paling muda di Fakultas Syariah dan Hukum. “Ke depan dari UKM ini akan tercipta banyak prestasi dan tulisan-tulisan ilmiah yang mampu mewarnai kualitas dan kuantitas publikasi di UIN Sunan Ampel Surabaya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, berturut-turut yang menjadi Juara pada Kompetisi tersebut ialah:

Juara 1: Universitas Hasanuddin Makassar

Juara 2: UIN Sunan Ampel Surabaya

Juara 3: Universitas Duta Bangsa