Agenda

Gunung Anyar, Surabaya (07/09/2023) – Siang hari, di kampus Gunung Anyar, kegiatan Kuliah Umum Mahasiswa Gizi semester 3 dengan tema pangan halal mengundang narasumber hebat dari LPPOM MUI, Ir. Hendra Utama, M. M. diikuti dengan antusias.

Kuliah umum kali ini diselenggarakan di auditorium Fakultas Psikologi dan Kesehatan di lantai 2 pukul 12.30 yang dibuka oleh Irul Hidayati, M. Kes. selalu dosen prodi gizi Fakultas Psikologi dan Kesehatan Uinsa Materi dibuka dengan membandingkan kedua jenis makanan berupa gambar yang bentuknya sama namun cara pengolahannya berbeda. Tidak hanya itu, unsur kehalalan dalam setiap jenis makanan tersebut juga dibahas. Mulai dari cara pengelolaan, bahan yang digunakan, dan juga apakah makanan yang dikonsumsi tersebut akan memberikan dampak yang baik atau buruk.

Berikutnya ialah membahas terkait produk olahan pangan yang ternyata ada titik kritis ketidak halalan nya. Narasumber memaparkan bahwa apabila semakin kompleks produknya, maka akan semakin besar ketidak halalan dari suatu makanan tersebut. Hal inilah yang menarik perhatian para mahasiswa untuk berdiskusi lebih lanjut dengan narasumber tersebut. Konsep halal dan haram pun juga tak lupa diangkat dalam topik kuliah umum. Ada 5 jenis konsep halal dan haram dari suatu makanan atau minuman yang dikonsumsi, yakni halal, haram, thayib, najis, dan mutanajis. Kelima hal inilah yang ditekankan oleh narasumber kepada mahasiswa untuk senantiasa memperhatikan konsep halal haram sebelum mengkonsumsi sesuatu.

Setelah memberikan materi terkait pangan halal, narasumber yang merupakan LPPOM MUI tersebut memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk bertanya. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, dengan penuh antusias dari para mahasiswa gizi semester 3 tersebut ternyata mengajukan banyak sekali pertanyaan untuk didiskusikan. Narasumber pun menjawab pertanyaan dari mahasiswa dengan jelas dan memuaskan.

Narasumber menuturkan bahwa, “memang saat ini isu pangan halal menjadi satu hal yang harus diperhatikan bagi umat manusia terutama bagi umat muslim, oleh karena itu kalian yang nantinya akan bekerja sebagai nutrisionis muslim harus bisa menumbuhkan kesadaran terkait pentingnya untuk senantiasa mengonsumsi makanan dan minuman yang halal”. Tutur bapak berpakaian batik rapi dan berkacamata tersebut

Setelah acara berakhir, dosen gizi yang turut serta hadir dalam mendampingi kegiatan kuliah tamu tersebut tak lupa untuk memberikan cinderamata serta berfoto bersama dengan narasumber. Harapannya, semoga ilmu yang diberikan oleh Ir. Hendra Utama, M. M. bisa senantiasa bermanfaat bagi para mahasiswa gizi Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Writer : Najwa Laska Halqi

Editor : Ayda Zaqiyatunnisa