Berita
Menuju Akreditasi Internasional, Fakultas Saintek UINSA Gelar Workshop Penulisan Sitasi Internasional

UINSA Newsroom (18/11/2022) – Penulisan sitasi menjadi salah satu hal yang penting dalam penulisan karya ilmiah, Pada hari Jumat, 18 November 2022 Rumah Jurnal Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan acara Workshop ” Sitasi Internasional Dosen dan Mahasiswa Berbasis Prodi ” dalam rangka meningkatkan sitasi publikasi Dosen dan mahasiswa. Kegiatan workshop tersebut bertempat di Lt. 9 Ruang G.06 Kampus Gunung Anyar UIN Sunan Ampel Surabaya. Pelaksanaan workshop tersebut secara resmi dibuka oleh Bapak Wadek I yakni Dr. Moh. Hafiyusholeh, M.Si. diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola sitasi dan referensi untuk artikel yang akan dipublikasikan sehingga membantu mereka dalam proses penulisan artikel untuk syarat kelulusan. Workshop tersebut menghadirkan tiga narasumber yang sangat memahami perihal sitasi publikasi ilmiah. Narasumber I adalah Bapak Dr Teguh Herlambang yang memaparkan materi terkait ” cara merubah Skripsi menjadi Artikel “. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan mengenai hal-hal yang diperlukan sebelum menulis artikel ilmiah, selain itu beliau juga juga memberikan tips dan trik bagaimana merubah skripsi menjadi artikel.

Dilanjutkan dengan Narasumber ke II yaitu Ibu Dr. Ruli Isfatul Khasanah, M.P yang mana beliau memaparkan materi tentang “Penelusuran Artikel Jurnal Ilmiah untuk Menemukan Kebaruan Penelitian “. Dalam pembahasannya beliau memberikan penjelasan mengenai novelty, bagaimana mengahsilkan kebaruan dan beliau juga memotivasi mahasiswa untuk memunculkan sikap kritis dan ide untuk kebaruan dalam suatu penelitian.

Narasumber III di pada kegiatan ini adalah Ibu ketiga Dian Candra Rini Novitasari, M.Kom  yang memaparkan tentang ” Best Practice Pendampingan artikel mahasiswa untuk internasional Recognition.”. Beliau menyampaikan beberapa bahasan mengenai artikel ilmiah dan kemanfaatannya, beberapa hal yang menjadi tantangan dan hambatan dalam merubah skripsi menjadi artikel dan beliau juga menyampaikan tips dan trik merubah skripsi menjadi artikel.

Berkenaan dengan diselenggarakannya kegiatan workshop tersebut, diharapkan dapat membantu mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi dalam penyusunan artikel publikasi untuk syarat kelulusan dari sisi pengelolaan daftar pustaka, referensi, dan sitasi. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dari perserta workshop. Antusias dari peserta sangat tinggi, terlihat pada saat sesi tanya jawab banyak peserta yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber (dyul/Mtk).