Berita

UINSA Newsroom, Jumat (10/11/2023); Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78 pada Jumat, 10 November 2023. Mengusung tema, “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan,” upacara digelar di Halaman Gedung Twin Towers UINSA Surabaya.

Dalam kesempatan ini, Dekan FEBI, Dr. Sirajul Arifin, S.Ag., S.S., M.E.I., membacakan langsung sambutan Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini. Mensos menjelaskan, bahwa tema, “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan,” diangkat melalui renungan yang mendalam.

Hal itu untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Salah satunya, tantangan generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara. “Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945,” ujar Mensos RI.

Mensos menegaskan, bahwa semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945 inilah yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. “Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” seru Mensos RI.

Upacara ini diikuti segenap tim manajemen, tenaga kependidikan, serta dosen pada UINSA Surabaya. Turut diundang dalam kesempatan ini Kontingen UINSA pada kegiatan Pekan Olahraga Raga, Seni, dan Ilmiah se Jawa-Madura (PORSI JAWARA) 1 Tahun 2023 di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember.

Pada even PORSI JAWARA I, Kontingen UINSA berhasil menjadi Runner Up setelah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sebanyak 15 medali berhasil diboyong Kontingen UINSA yang berjumlah 95 orang dengan 26 cabang lomba yang diikuti tersebut.

15 medali yang diperoleh Kontingen UINSA terdiri dari 8 medali emas, 5 medali perak, dan 2 medali perunggu. 8 medali emas diraih cabang lomba Puitisasi Al-Qur’an Putri, Musabaqoh Tilawatil Qur’an Putra, Tenis meja tunggal putri, Badminton Tunggal Putri, Badminton Ganda Putra, Badminton Ganda Putri, Tenis Meja Ganda Putra, dan Tenis Meja Ganda Putri.

Sedangkan 5 medali perak diperoleh cabang lomba Musabaqoh Qiraatil Kutub Putra, Musabaqoh Fahmil Qur’an, Pop Solo Islami, Taekwondo, dan Debat Bahasa Inggris. Selanjutnya 2 medali perunggu diraih cabang lomba Musabaqoh Qiraatil Kutub Putri dan Business Plan. (Nur/Humas)

Reportase: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya