Berita

UINSA Newsroom, Jumat (10/11/2023); “Ijinkan saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh teman-teman sekalian yang telah berkontribusi atas prestasi kita di PORSI JAWARA 1 2023 sebagai Runner Up,

Hal itu disampaikan Rektor UIN UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kala menyambut kembali Kontingen UINSA pada kegiatan Pekan Olah Raga, Seni, dan Ilmiah se Jawa-Madura (PORSI JAWARA) 1 Tahun 2023 di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember.

Penyambutan kembali itu pun ditandai dengan pemberian souvenir serta tasyakuran bersama di Lobby Twin Towers UINSA usai upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78 pada Jumat, 10 November 2023.

Sebagai informasi, pada even PORSI JAWARA I, Kontingen UINSA berhasil menjadi Runner Up setelah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sebanyak 15 medali berhasil diboyong Kontingen UINSA yang berjumlah 95 orang dengan 26 cabang lomba yang diikuti tersebut.

15 medali yang diperoleh kontingen UINSA terdiri dari 8 medali emas, 5 medali perak, dan 2 medali perunggu. 8 medali emas diraih cabang lomba Puitisasi Al-Qur’an Putri, Musabaqoh Tilawatil Qur’an Putra, Tenis meja tunggal putri, Badminton Tunggal Putri, Badminton Ganda Putra, Badminton Ganda Putri, Tenis Meja Ganda Putra, dan Tenis Meja Ganda Putri.

Sedangkan 5 medali perak diperoleh cabang lomba Musabaqoh Qiraatil Kutub Putra, Musabaqoh Fahmil Qur’an, Pop Solo Islami, Taekwondo, dan Debat Bahasa Inggris. Selanjutnya 2 medali perunggu diraih cabang lomba Musabaqoh Qiraatil Kutub Putri, dan Business Plan.

Rektor dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerja keras, kontribusi, serta pengabdian kontingen untuk nama besar UINSA Surabaya. “Soal apakah Runner Up atau Juara 1 itu bagian dari catatan. Tapi jangan membuat kita kemudian menarik diri, biasa saja,” ujar Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D.

Menjadi juara 1, 2, dan seterusnya, menurut Rektor, adalah hal yang biasa dalam pertandingan. Yang terpenting adalah bagaimana kita mampu mengetahui dimana potensi diri sendiri. Tak lupa, Rektor juga berpesan agar para kontingen menularkan pengalaman kepada rekan dan adik tingkatnya.

“Jadikan PORSI JAWARA 2023 sebagai pelajaran dimana titik terlemah kita, mana titik terkuat kita. Yang kuat nanti diperkuat, yang lemah kita benahi,” imbuh Prof. Muzakki.

Rektor juga berpesan, agar menjadikan setiap even perlombaan maupun pertandingan sebagai wadah untuk meningkatkan skill guna menjemput masa depan. “Hindari tantangan yang membuat masa depan adik-adik tercoreng hari ini. Bangun dan jemput masa depan di bidang Olah Raga, Seni, ilmiah di UIN Sunan Ampel Surabaya,” pungkas Prof. Muzakki.  (Nur/Humas)

Reportase: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya