Berita

Senyum peraih Bronz Medal pada Dewata Essay Competition, tampak sumringah ketika memasuki ruang Prodi Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Ampel Surabaya. Hari ini, mereka datang bukan sekedar untuk berbincang, tetapi guna melaporkan hasil keikutsertaan mereka di ajang lomba penulisan asai tingkat nasional itu. Meski sudah mendengar kabar gembira itu, Kaprodi yang menemui mereka tak pelak turut sumringah mengekspresikan rasa bangga.

Event yang mereka ikuti ini dihelat oleh Universitas Dhyana Pura berkerja sama dengan Ruang Inovasi Sains dan Karya Ilmiah. Dewata Essay Competition dikenal sebagai kegiatan perlombaan bidang karya tulis ilmiah yang mempunyai beberapa subtema, di antaranya yaitu pendidikan, pariwisata, pangan, lingkungan, dan teknologi. Perlombaan ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Masing-masing tim dari setiap perguruan tinggi yang lolos final diundang untuk mempresentasikan hasil esai yang telah dibuat sebelumnya. 

Restu Dimas Prasetya, Hilmy Himawan Yusuf, dan Iffah Nur Azizah, mahasiswa semester 2 Prodi SPI FAHUM UIN Sunan Ampel Surabaya termasuk tim yang berhasil lolos untuk memasuki tahap presentasi tersebut. Di bawah bimbingan dosen, Iin Nur Zulaili, M.A. dan Dr. Wasid, S.S., M.Fil.I., mereka akhirnya berhasil memperoleh Bronze Medal pada bidang Pendidikan di final Dewata Essay Competition yang berlangsung di Bali, tanggal 4-5 Mei 2024.

“Ini pengalaman pertama kami berkompetisi di ajang nasional. Banyak pelajaran yang kami dapatkan, selain juga mengembangkan banyak jejaring dengan peserta dari berbagai perguruan tinggi lain yang ikut serta dalam acara ini,”  ucap Hilmy, salah satu perwakilan dari tim.

Diharapkan, capaian ketiga mahasiswa Prodi SPI FAHUM UIN Sunan Ampel Surabaya ini dapat memotivasi mahasiswa yang lain untuk ikut bersemangat belajar dan berprestasi. Selamat dan teruslah berprestasi!