Berita

LPM Newsroom, Senin (7/5/2024); Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Modul Pembelajaran berbasis AI (Artificial Intelligence). Kegiatan dilakukan untuk mewujudkan resolusi rektor tahun 2024, yang salah satunya Hilirisasi Digital yang merupakan pengembangan dari proses digitalisasi yang telah dilakukan UINSA sejak tahun 2023.

Kegiatan dilakukan selama dua hari. Hari pertama dimulai dengan pembukaan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag. Dilanjutkan dengan laporan oleh Ketua LPM, Dr. Ali Mustofa, M.Pd., Overview Penyusunan Modul Pembelajaran Berbasis AI dan Penyusunan Modul Pembelajaran Berbasis AI. Sesi siang dilanjutkan review sub bahasan di setiap bab oleh internal LPM.

Hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan Penyusunan Modul Pembelajaran Berbasis AI sesuai dengan hasil review sub bahasan. Sesi siang dilanjutkan presentasi draf modul oleh oleh masing-masing TIM. Kegiatan diakhiri dengan Rencana Tindak Lanjut dan Penutupan.

Dalam sambutannya Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag. mengatakan,”Hilirisasi digital di UINSA sangat penting dilakukan. Saat ini zaman sudah berubah dan saatnya kita menyambut era yang memudahkan segala lini kehidupan termasuk dunia Pendidikan dengan pemanfaatan teknologi digital dalam aktivitas kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar mahasiswa. Beragam manfaat yang didapatkan dari pemanfaatan teknologi digital di dunia pendidikan diantaranya adalah kemudahan dan inovasi dalam pembelajaran. Misalnya saja, dengan kecerdasan buatan atau biasa kita kenal dengan AI (Artificial IntelligenceI), kita bisa memperkaya resource, metode dan media pembelajaran seperti artikel, buku dan lAIn sebagAInya. Oleh karena itu, saya mengapresiasi kegiatan Penyusunan Modul Pembelajaran berbasis AI (Artificial Intelligence) ini.”

Kegiatan dilanjutkan Laporan Ketua LPM, Dr. Ali Mustofa, M.Pd. mengatakan,” Kegiatan Penyusunan Modul Pembelajaran berbasis AI ini merupakan program rektor guna mewujudkan hilirisasi digital kepada seluruh dosen UINSA. Ini penting dilakukan agar dosen mengetahui dan bisa mendeteksi karya mahasiswa yang original atau hasil dari kecerdasan buatan. Sehingga proses pembelajaran yang sudah dilakukan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan dapat menghantarkan mahasiswa mencapai profil lulusan prodi.”

Penyusunan modul terdiri dari beberapa tahapan. Pertama, pemilihan 2 dosen oleh masing-masing UPPS. Kedua, UPPS mengirimkan nama dosen terpilih ke LPM. Ketiga, LPM mengundang dosen terpilih untuk Menyusun Modul di Greensa Inn Sidoarjo tanggal 7-8 Mei 2024. Keempat, Review modul oleh expert dan pimpinan UINSA. Kelima, launching Modul Pembelajaran berbasis AI dengan menghadirkan seluruh dosen UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ada 20 dosen Penyusun Modul Pembelajaran Berbasis AI. Dari Pascasarjana Dr. Achmad Fageh, M.HI dan Dr. Abdur Rohman, M.Ud; dari Fakultas Adab dan Humaniora: Sufi Ikrima Sa’adah, M.Hum. dan Dr. Nasaruddin, M.Ed.; dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi: Moh. Khoirul Anam,M.Li dan Vera Arida,M.Sc; dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Mochammad Andre Agustianto, Lc., M.H dan Nurul Fatma Hasan, M.E.I.; dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Ajeng Widya Prakasita, S.IP, MA dan Masitah Effendi, S.Sos., M.Sosio; dari Fakultas Psikologi dan Kesehatan: Nova Lusiana, M.Keb. dan Dr. Ria Qadariah Arief, SKM., M.Kes.; dari Fakultas SAIns dan Teknologi: NurissAIdah Ulinnuha, M. Kom dan Dr. Eng. Anang Kunaefi, M.Kom; dari Fakultas Syariah dan Hukum: Dr. H. Fahruddin Ali Sabri, S.H.I., MA dan Rizky Abrian, M.Hum.; dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan: Auliya Ridwan, M.Pd.I, M.Sc. dan Hilda Izzati Madjid, M.A. dan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat: Naufal Cholily, M.Th.I dan Dr. Nasruddin, S.Pd, S.Th.I, MA.

Kegiatan dilakukan secara luring di GreenSa Inn Sidoarjo, selama 2 hari, Selasa-Rabu, Tanggal 7-8 mei 2024. Hadir dalam kegiatan pimpinan UIN Sunan Ampel Surabaya Wakil Rektor I, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag; Wakil Rektor II, Prof. Dr. Wiwik Setiyani, M.Ag. dan Wakil Rektor III, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si.. TIM LPM, Ketua Dr. Ali Mustofa, M.Pd.; Sekretaris Ahmad Yusuf, M.Kom.; Koordinator Pusat Pengembangan Standar dan Audit Mutu Akademik, Dr. H. M. Hadi Sucipto, Lc., MHI; Koordinator Pusat Akreditasi dan Pemeringkatan, Ahmad Lubab, M.Si; Koordinator Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Holilah, S.Ag, M.Si, Koordinator Pusat Konseling, Dr. Dra. Psi. Mierrina., M.Si; dan Koordinator Pusat Integrasi Keilmuan, Ahmad Fauzi, M.Pd. Kegiatan berjalan dengan lancar dan seluruh TIM Penyusun Modul aktif mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sampaipenutupan kegiatan kegiatan dilakukan. [lila]

UINSA Surabaya:

 Building Character Qualities: for the Smart, Pious, and Honourable Nation

LPM UINSA Surabaya:

 Prosedural, Quick Respons, Transparan

Stronger Together

Together Stronger

#BanggaUINSA

#AyoKuliahdiUINSA

#ItsMyDream

#ItsMyDestination

#UINSASurabaya

#UINSAJaya

#UINSAAkreditasiUNGGUL

#UINSAISOCertified