Berita

Enviro Company: Pelatihan EPANET oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya 2024

Enviro Company merupakan salah satu program kerja dari departemen ILPRO HMTL UINSA, yang didalamnya terdapat beberapa pelatihan mengenai software yang digunakan dalam program studi Teknik Lingkungan, salah satunya adalah pelatihan EPANET, yaitu program komputer yang menggambarkan simulasi hidrolis dan kecenderungan kualitas air yang mengalir di dalam jaringan pipa. Jaringan itu sendiri terdiri dari Pipa, Node (titik koneksi pipa), pompa, katub, dan tangki air atau reservoir.

Acara pelatihan dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh seorang MC, yang merinci rundown kegiatan kepada peserta, memberikan gambaran mengenai susunan acara yang akan dijalani. Acara ini diprakarsai oleh Ketua Pelaksana Kegiatan, Achmad Rifchy Achdani Afryansyah, yang memberikan sambutan pembukaan dengan penuh semangat, menyambut seluruh peserta. Selanjutnya, kata-kata pembukaan yang inspiratif disampaikan oleh Ketua HMTL UINSA, Muhammad Alfan Ardiansyah Hidayatullah. Kemudian, sambutan diberikan Kaprodi Fakultas Sains dan Teknologi UINSA, Ibu Shinfi Wazna Auvaria, MT, Kepala Progam Studi Teknik Lingkungan UINSA, dan Ibu Sulistya Nengse, MT, pembina Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UINSA (HMTL).

MC kemudian mengalihkan kepada moderator sebagai langkah awal sebelum memasuki acara inti. Moderator memperkenalkan pemateri, Ananda Ryan Pratama dengan membacakan CV-nya, mengungkapkan latar belakang dan kualifikasinya yang mendukung keahliannya dalam materi yang akan diajarkan. Kemudian, dilanjutkan dengan pre-test untukmengasah pemahaman peserta. Selama pemaparan materi, pemateri memberikan pemahaman yang komprehensif tentang software E-Panet. Para peserta aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, memiliki kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan pemateri.

Kegiatan mencapai puncaknya dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada pemateri oleh Ketua Pelaksana, sebagai bentuk penghormatan atas kontribusi pemateri dalam kegiatan ini. Setelah itu, peserta mengerjakan post-test. Sesi dokumentasi bersama yang akan mengakhiri rangkaian acara, di mana seluruh peserta dan pemateri berfoto bersama, mengabadikan momen berharga selama pelatihan.

Sebelum acara ditutup dengan ucapan terima kasih dan harapan atas kesuksesan pelatihan ini. Semoga kegiatan pelatihan software E-Panet ini memberikan manfaat besar bagi peserta tentang penggunaan aplikasi software E-Panet.