Berita

Kamis, 7 Maret 2024 mahasiswa/i Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UINSA melaksanakan kegiatan kunjungan ke Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Kegiatan ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB dan diikuti oleh mahasiswa/i Progam Studi Hukum Tata Negara (HTN) Kelas 6B. Para mahasiswa/i Prodi HTN Kelas 6B terlihat begitu antusias mengamati persidangan di ruang sidang. Mereka berpencar ke beberapa tempat duduk di ruang sidang untuk menyaksikan secara langsung kasus yang ada di Pengadilan Negeri Surabaya atau biasa disebutkan PN Surabaya.

Meskipun tanpa di dampingi oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah, namun hal tersebut tak menghilangkan semangat mereka. Kunjungan ke Pengadilan Agama Surabaya merupakan salah satu bentuk kegiatan agar mahasiswa/i memahami alur berperkara di Pengadilan Negeri. Sehingga nantinya, mahasiswa diharapkan bukan hanya mampu memahami ilmu secara teori tetapi juga secara praktik. Dimana antara teori dan praktik bisa berubah seringinya pemahaman mereka dalam memahami kondisi di dalam buku dan di lapangan.

Setelah mereka melakukan kunjungan ke Pengadilan Negeri Surabaya, nantinya mereka diminta untuk membuat ringkasan berdasarkan materi yang diperoleh setelah melakukan kunjungan PN Surabaya. Hal ini merupakan salah satu bentuk penugasan perkuliahan yang diampu oleh Bapak Djumali, SH., MH. Mereka diharapkan dapat menjelaskan hal-hal yang telah didapatkan saat berada di Pengadilan Negeri Surabaya. “Sangat menyenangkan bisa menyaksikan sidang perkara pidana secara langsung. Saya jadi memahami alur beracara dalam sidang,” ujar Virna Mahasiswi Prodi HTN 6B.

 

Reportase: Sandra

Redaktur: Suci

Desain Foto: Erij