Berita

Kamis, 7 Maret 2024 seluruh mahasiswa/i Progam Studi Hukum Tata Negara (HTN) Kelas 6C FSH UINSA melaksanakan kunjungan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya. Kegiatan kunjungan dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Saat melakukan kunjungan ke PTUN Surabaya, mereka dibagi menjadi dua kelompok. Selama kunjungan, mereka menyaksikan proses persidangan PTUN berlangsung.

ptun surabaya bapak djumali

Mereka sangat antusias mengikuti alur persidangan mulai dari pembacaan kronologi kasus sampai pembuktian saksi pun dapat dilihat. Mahasiswa/i Prodi HTN Kelas 6C juga meresa bersyukur karena sidang terbuka untuk umum yang memudahkan mereka dalam mengamati. Mereka juga diberikan kesempatan untuk mengetahui berkas-berkas perkara yang diajukan ke PTUN Surabaya. 

Kunjungan ini merupakan salah satu bentuk penugasan mata kuliah Hukum Acara PTUN yang diampu oleh Bapak Djumali, SH., MH. Setelah melakukan kunjungan ke PTUN, mereka juga diberikan penugasan berupa resume materi selama melakukan kunjungan dan juga praktik sidang. Mereka akan dibagi beberapa peran dan mengadakan sidang semu untuk lebih memahami materi secara praktik.

“Saya berharap kerjasama antar badan pemerintah dan swasta tiap universitas lebih ditingkatkan. Karena saya merasa keilmuan mahasiswa perlu ditunjang juga dalam hal praktik. Saya merasa kunjungan ke PTUN ini juga termasuk hal yang penting. Hal tersebut untuk membuka wawasan kita mengenai praktik beracara di PTUN,” ujar Omy salah satu Mahasiswa Prodi HTN Kelas 6C.

 

Reporter: George

Redaktur: Suci Wulandari

Desain Foto: Mei