Berita

FDK UINSA Newsroom, (6/11/2023); Isak tangis bangga tampak dari wajah mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) Ahmad Nasikhul Huda setelah berhasil terpilih menjadi The Winner of Duta Santri Nasional 2023 dalam rangka perayaan Hari Santri Nasional 2023 pada Jumat (20/10).

Duta Santri Nasional merupakan bagian terpenting sejak tahun 2016 dalam perayaan Hari Santri Nasional. Kompetisi Duta Santri Nasional ini diikuti oleh 6.431 santri yang tersebar di 37 provinsi di Indonesia, hingga akhirnya terpilih 48 finalis yang lolos untuk lanjut dalam babak grand final di Auditorium Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA).

Banyaknya isu negatif yang tersebar di berbagai platform media sosial terhadap dunia pesantren, membuat mahasiswa kelahiran Lamongan Jawa Timur tersebut memberanikan diri untuk mendaftar Duta Santri Nasional 2023. Hanya berbekal usaha dan do’a, semangat mahasiswa semester 5 ini tak surut. Terdapat 8 tahapan seleksi yang harus dilalui meliputi pemberkasan hingga tahap grandfinal yang harus dilalui untuk menjadi juara Duta Santri Nasional 2023.

Banyak hal yang tak terduga dalam proses seleksi Duta Santri Nasional 2023 ini. Nasikh mengakui dirinya sempat shock culture pada seleksi yang didalamnya terdapat beauty class dikarenakan belum pernah mengikuti ajang kedutaan dan asing dalam dunia kecantikan merias wajah.

“Nah kemarin itu benar-benar baru belajar, ada shock culture ketika ada sesi beauty class suatu hal yang saya takutkan karena saya memang tidak pernah atau asing lah,” ujar Nasikh.

Setelah melewati berbagai seleksi, isak tangis bangga datang dari Ahmad Nasikhul Huda berhasil menjadi pemenang Duta Santri Nasional 2023. Hal yang tidak disangka-sangka tersebut terlintas dalam benak Nasikh karenakan ini merupakan ajang duta yang pertama kali ia ikuti. Kerja keras dan usaha maksimal akhirnya membuahkan hasil, Nasikh berhasil menjadi seorang Duta Santri Nasional 2023.

Kesempatan emas ini, tak dilewatkan dengan sia-sia, Nasikh memiliki tekad dan tujuan besar akan melakukan pembaruan dan mengembalikan citra dunia pesantren yang awalnya buruk menjadi mabruk melalui rebranding pesantren menjadi pulih dan positif sebagaimana tujuan awal dirinya mendaftarkan diri sebagai Duta Santri Nasional 2023.

Jurnalis: Farid Ali Yafi

Editor: Nur Romdlon