Berita

UINSA Newsroom, (06/11/2023); Pada 5 Oktober 2023 setelah pengumuman seleksi Business Plan untuk mewakili UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dalam Pekan Olahraga Raga dan Seni se Jawa-Madura (PORSI JAWARA) 1 Tahun 2023, Tim Business Plan mempersiapkan proposal bisnis.

Dimulai dengan analisis ulang terkait permasalahan, kebutuhan, dan solusi yang dibutuhkan masyarakat. “Setelah mendapat ide bisnis, tim kami melakukan penyusunan proposal, dan pembuatan logo usaha. Tepat tanggal 28 October 2023 Tim Business Plan UINSA submit proposal sesuai dengan ketentuan PORSI JAWARA,” ujar Eka Nur Wahyu Safitri Ramadhani, salah satu Perwakilan Tim Business Plan UINSA.

Tanggal 29 Oktober tepat H-1 keberangkatan ke UIN Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember, Tim Business Plan melakukan pembuatan produk, dan sempat mengalami tragedi kecelakaan. “Namun, kejadian ini tidak membuat Tim kami lemah dan menyerah. Kami saling membackup satu sama lain untuk mempersiapkan Tim dalam berangkat ke PORSI JAWARA,” imbuh Eka.

Dengan ke kompakan dan semangat berjuang pada tanggal 3 October 2023 Tim Business Plan berlomba. “Pada tanggal 4 Oktober 2023, di UIN Khas Jember dengan rasa bangga dan senang kami mendapatkan hasil perjuangan kami yaitu meraih medali perunggu cabang lomba Business Plan PORSI JAWARA 2023. Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian, berusaha dahulu menjadi juara kemudian,” jelas Eka haru.

Sebagai informasi, dalam kesempatan Lomba pada PORSI JAWARA 1 di UIN KHAS Jember, Tim Business Plan memperkenalkan ide bisnis ‘Produk Biomitah.’ Produk ini mengusung misi dalam mengurangi emisi gas, pengelolaan limbah metode 3R, serta inovasi ekonomi hijau berkelanjutan dalam SDG’s.

Kemunculan ide berawal dari keprihatinan melihat kondisi saluran air yang telah tercemar berbagai limbah yang tidak dapat diurai secara alami. Biomitah menjadi produk biodiesel jenis B100 berbahan dasar minyak jelantah yang dihasilkan dari konsep usaha sociopreneur. Yaitu melalui peran aktif Bank Sampah Syariah (BSS) UINSA dalam mewadahi serta meningkatkan sumber daya manusia masyarakat sekitar kampus UINSA melalui sebuah kelompok pemberdayaan.

Kemudian dimasifkan dengan pola kerjasama profit and loss sharing yaitu menggunakan akad Mudharabah. Dimana BSS UINSA sebagai Shohibul Mal serta kelompok pemberdayaan sebagai Mudharib.

Produk Biomitah memiliki keunggulan dan juga kebermanfaatan bagi kelompok pemberdayaan masyarakat baik dari segi kesehatan, kebersihan dan juga ekonomi. Turut mendorong implementasi mandatori pemerintah yaitu Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 12 tahun 2015 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri ESDM nomor 32 tahun 2008 berupa program B15, B20, dan B30 untuk mengurangi emisi di Indonesia.

“Produk Biomitah memiliki harga jual yang kompetitif serta dalam proses pemasaran memanfaatkan media digitalisasi melalui Aplikasi BSS Mobile Apps. Aplikasi ini dapat di manfaatkan oleh seluruh pengguna dan juga nasabah,” terang Eka.

Reportase: Kontingen Bussines Plan
Redaktur: Nur Hayati