Berita

UINSA Newsroom, Rabu (24/07/2024); Sebagai salah satu penanda ujung masa studi formal tingkat tinggi, wisuda menjadi momen yang dinantikan para mahasiswa. Menyambut hal tersebut, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI menggelar pembekalan bagi para calon wisudawan angkatan ke-108 pada Rabu, 24 Juli 2024.

Bertempat di Gedung Auditorium Kampus A. Yani UINSA, acara ini dibuka Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si., selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Turut hadir Niken Dwi Wijayanti, B.Eng., M.S.E. dari Direktorat Bina Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi dan Pemagangan sebagai pemateri, serta Dr. Hj. Fatmah, S.T., M.M., RSA., selaku Koordinator Pusat Karir UINSA Surabaya.

Dalam sambutannya, Prof. Muhid menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah prosesi penting dalam rangka mengantarkan para calon wisudawan memasuki ‘dunia yang sebenarnya’ dan berproses menuju kesuksesan. Acara ini sekaligus menjadi wujud komitmen UINSA dalam memperhatikan para calon alumninya.

“Kampus ini sudah berkomitmen untuk tidak hanya fokus pada input process, tapi juga pada output-nya. Kita punya konsep yang Namanya After Education Care. Ini adalah bukti bahwa kampus ini juga peduli dengan alumni-alumninya,” ujar Prof. Muhid.

Prof. Muhid juga menyampaikan, bahwa kesuksesan para alumni juga memberikan dampak positif secara tidak langsung kepada kampus. “Program Studi itu akan unggul jika rerata masa tunggu bekerja alumninya semakin kecil waktunya. Disini, kalian belum lulus tapi malah sudah dicari. Ini juga merupakan upaya kami buat kalian supaya bisa magang, bekerja, tapi juga dibayar,” ungkapnya.

Ungkapan ini selaras dengan apa yang disampaikan Niken Dwi Wijayanti. Ia mengatakan, bahwa dengan berkembangnya teknologi informasi, banyak lapangan pekerjaan yang hilang. Namun di sisi lainnya juga muncul banyak lapangan pekerjaan baru. Dengan program magang ini, diharapkan para calon wisudawan akan lebih siap menghadapi tren dan pekerjaan-pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada.

“Dengan kondisi ini, kita perlu siapkan calon pekerja-pekerja tersebut untuk bisa memperoleh skill sehingga dapat mengisi lowongan pada jenis-jenis pekerjaan baru tersebut,” imbuhnya.

Acara yang ditutup dengan foto bersama ini berjalan dengan lancar dan penuh antusiasme para calon wisudawan yang hadir secara langsung maupun mengikuti secara daring melalui Zoom Meeting.

Tak lupa, Prof. Muhid menutup dengan berharap para alumni UINSA akan menjadi orang yang siap bekerja dan berkarir, serta siap ber-khidmat di Masyarakat. Prof. Muhid juga mendoakan para calon wisudawan akan menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. (Kml/Humas)

Reportase: Kamal A. Jabbar

Fotografer: I. Devinta
Redaktur: Nur Hayati