Berita

UINSA Newsroom, Ahad (01/10/2023); Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2023, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar upacara di Halaman Gedung Twin Towers UINSA Surabaya. Bertindak selaku Inspektur Upacara, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UINSA, Prof. Dr. H. Abd. Chalik, M.Ag. Upacara ini dihadiri segenap Dosen dan Tenaga Kependidikan pada UINSA Surabaya.

Ditemui usai upacara, Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., menyampaikan, bahwa banyak negara saat ini kehilangan jati diri karena tergerus ideologi yang tidak sesuai. Indonesia, memiliki kekuatan luar biasa yang terkandung dalam Pancasila. Yang lahir dari nilai-nilai kehidupan bangsa Indonesia.

Disampaikan Rektor, bahwa terlepas dari adanya perbedaan latar belakang, etnis, maupun ras, bangsa Indonesia diikat dalam satu ideologi yang sama yakni Pancasila. “Kita tidak pernah memperjuangkan Indonesia, memperjuangkan kemerdekaan. Kewajiban kita hari ini adalah mengisi kemerdekaan dengan menjaga kuat ideologi bangsa, Pancasila,” ujar Prof. Muzakki.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, lanjut Rektor, menjadi momentum untuk memasuki era baru untuk maju menuju Indonesia Emas. “Kita wajib untuk menjaga bersama-sama, agar saat Indonesia memasuki era generasi emas tahun 2045, kita bisa mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia,” tukas Prof. Muzakki. (Nur/Humas)