Berita

FDK UINSA Newsroom, Rabu (11/10); Mahasiswa sebagai generasi penerus ilmu pengetahuan dan inovasi keberlanjutan memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan dunia akademik khususnya pengelolaaan jurnal ilmiah. Hal tersebut menjadi daya tarik Gugus Publikasi FDK untuk menggelar acara pelatihan pengelolaan jurnal ilmiah mahasiswa berbasis Open Journal System (OJS) yang diadakan pada, Senin (9/10).

Kegiatan yang dihadiri oleh 30 mahasiswa ini menghadirkan dua narasumber yang berkompeten dan berpengalam dalam pengelolaan publikasi jurnal. Narasumber tersebut adalah Moch. Mahsun, M.T. selaku Asesor Jurnal SINTA (Science and Technology Index) dan Iqbal Bafadal, M.Si. selaku pengelola jurnal at Tazkiyah UIN Mataram. Selain diikuti mahasiswa, acara ini juga diikuti oleh para dosen pengelola jurnal di FDK.

Pada sesi pertama, acara dipandu oleh Vera Arida, M.Sc. sebagai moderator dengan pemaparan materi dari Moch. Mahsun tentang penataan web jurnal berbasis OJS 3 yang sesuai dengan standard Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA). Sesi ini Moch. Mahsun memaparkan materi tentang peringkat akreditasi jurnal, tahap akreditasi jurnal nasional, syarat-syarat jurnal publikasi.

Pada sesi kedua pemateri Iqbal Bafadal, M.Si. dengan moderator Amriana, M.Pd. memberikan ruang kepada mahasiswa pengelola jurnal mengenai proses editorial jurnal terakreditasi SINTA. Pada sesi ini mahasiswa diberikan pengantar editorial sekaligus praktik mekanisme publikasi jurnal dari tahap awal hingga proses publikasi.

“Menjadi seorang pengelola jurnal merupakan pekerjaan yang mulia. Pengelola jurnal dalam ruang lingkup akademik adalah seorang relawan hebat tanpa jasa, kita dituntut ikhlas dan sabar dalam mengerjakannya demi meningkatnya kualitas akademik kita,” tutur Iqbal Bafadal, M.Si.

Kegiatan ini akan menjadi kesempatan langka bagi mahasiswa untuk mendapatkan ilmu pengetahuan baru mengenai pengelolaan publikasi jurnal ilmiah. Mahasiswa dibekali dan diperkenalkan dengan tools dan website jurnal, pengelolaan jurnal, dan praktik yang mungkin akan membantu mereka dalam perjalanan pengelolaan publikasi jurnal ilmiah.

Dengan semangat yang membara, acara ini diharapkan akan memberikan dorongan besar bagi mahasiswa untuk menghasilkan etos pengelolaan jurnal ilmiah yang lebih berkualitas dan berkontribusi positif pada dunia akademik.

Jurnalis: Farid Ali Yafi
Editor: Nur Romdlon