Berita
Fakultas Psikologi dan Kesehatan Gelar International Conference Day One

Surabaya – (08/11/2022), Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan International Conference yang diagendakan selama dua hari berturut-turut. Hari pertama adalah ICOPERS (International Conference On Psychology, Mental Health, Religion, and Sprituality) dan Hari kedua adalah ICHAFOHN (International Conference On Halal Food Nutrition).

ICOPERS (International Conference On Psychology, Mental Health, Religion, and Spirituality) dilaksanakan dengan sistem hybrid. Acara pembukaan dimulai pukul 09:00 dengan tema “Mental Health, Religion, and Spirituality in the Life-Span Context”. 

Tarian Nusantara, nyanyian Indonesia Raya, Hymne UINSA, dan lantunan ayat suci Al-Qur’an menjadi pembuka acara ICOPERS. Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA membuka acara dan memberikan sambutannya.

Dalam sambutannya Bapak Dekan mengucapkan, “Sebagai Dekan Fakultas Psikologi dan kesehatan, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang mendukung kami untuk mewujudkan konferensi internasional ini.” 

“Kami juga ingin mengucapkan selamat datang di seminar internasional kami, semoga Anda menikmati dan menjadikanya sebagian besar forum ilmiah ini” 

Setelah sambutan dari Dekan, kemudian sambutan sekaligus peresmian pembukaan acara International Conference oleh Wakil Rektor bidang akademik dan kelembagaan yaitu Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag. dan disambung dengan Do’a oleh Drs. H. Jainuddin, M.Si.

Panel sesi dimoderatori oleh Kepala Prodi Fakultas Psikologi dan Kesehatan Dr. Lufiana Harnany Utami, S.Pd., M.Si. dengan tiga narasumber, yaitu Prof. Akbar Husain, Ph.D, D.Litt., Dr. Suryani, S.Ag, S.Psi, M.Si., dan Prof. Drs. Subandi, M.A. Ph.D. sampai dengan pukul 12:00 WIB. 

Panel sesi selesai, dilanjut dengan ishoma selama 30 menit. Setelah ishoma, peserta International Conference yang mengikuti secara offline dibagi menjadi 2 ruangan untuk mempresentasikan hasil penelitiannya dengan total 13 peserta. Ruangan satu dimoderatori oleh Tatik Mukhoyyaroh, M.Si dan ruangan dua dimoderatori oleh Drs. H. Jainuddin, M.Si. Sedangkan peserta yang mengikuti secara online dibagi menjadi 6 breakout dalam zoom yang dimoderatori oleh para dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan, di antaranya
1. Rizma Fithri, S.Psi., M.Si
2. Syafruddin Faisal Thohar, M.Psi., Psikolog
3. Endang Wahyuni, S.Ag, M.Psi
4. Dr. Nailatin Fauziyah, S.Psi, M.Si
5. Soffy Balqies, M.Psi
6. M. Fahmi Aufar Asyraf, B.Ed., M.A. 

Salah satu peserta offline yang berasal dari Kediri mengikuti ICOPERS dengan mengangkat tema penelitian “Quarter Life Crisis pada Generasi Z” dikarenakan ingin menambah pengalaman menulis. Dalam hasil penelitiannya, Aziz, mahasiswa IAIN Kediri menemukan ternyata tidak semua individu yang memasuki masa Quarter Life Crisis itu lancar, terkadang mereka itu sebenarnya sakit, tetapi tidak menyadarinya.  .

Mengangkat tema dengan korelasi ilmu psikologi dengan nilai-nilai keislaman, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si mempunyai alasan tertentu, yaitu hal tersebut merupakan wujud dari Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya. “Tema yang diangkat sangat menarik karena menjadi kajian yang sesuai dengan kenyataan yang dapat menjadi kajian para akademisi, peneliti, dan para mahasiswa yang ingin belajar terkait dengan kesehatan mental dan juga terkait masalah spritual dan religiusitas.” Tambah Beliau. 

Kegiatan pada hari pertama selesai dengan lancar hingga pukul 16:00. “Alhamdulillah, berlangsung sesuai dengan rencana, partisipasi dari partisipan dan audience luar biasa dan sangat antusias dalam mengikuti sesi demi sesi acara International Conference” tutup Beliau.