Berita
MENUJU AKHIR TAHUN 2022, INI PRESTASI UKOR UINSA

UINSA Newsroom, Rabu (09/11/2022); Menuju penghujung akhir tahun 2022, Unit Kegiatan Olah Raga (UKOR) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya meraih beberapa prestasi dari 3 Cabang Olahraga, yakni Tenis Meja, Bulutangkis, dan Bola Voli.

Cabang Tenis Meja memulai rangkaian prestasi UKOR dengan perolehan Juara 1 Ganda Campuran Mahasiswa, Juara 1 Tunggal Putri Mahasiswa, dan Juara 4 Tunggal Putra Mahasiswa pada ajang Brawijaya Table Tennis Championship, 21-23 Oktober 2022. Selang beberapa hari tepatnya 24-31 Oktober 2022 pada ajang UNAIR OPEN 2022, giliran Tim Bulutangkis yan mampu membawa pulang total 4 prestasi. Diantaranya Juara 1 Beregu Mahasiswa, Juara 3 Beregu Mahasiswa, Juara 3 Ganda Putra, dan Juara 3 bersama Ganda Putri.

Rangkaian prestasi ini ditutup dengan Tim Bola Voli Putri yang menjadi Juara pada Kejurnas Bola Voli Dies Natalis UNESA 2022. Beberapa kejuaraan yang diikuti UKOR kali ini merupakan salah satu kejuaraan bergengsi Tingkat Nasional dan Regional Jawa Timur. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya atlit Porprov Jatim yang turut berlaga.

“Hasil yang diperoleh bukanlah akhir dari perjuangan kami. Kita harus berjuang dan berlatih lebih keras untuk bisa mempertahankan dan meningkatkan peforma permainan kita,” tutur Irmayana Atlit Tenis Meja UINSA Surabaya. Mahasiswi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ini juga menyampaikan, persiapan telah dilakukan dengan sangat intensif sebelum berangkat ke kejuaraan, dengan mematangkan permainan, baik dari segi fisik ataupun teknis. Mahasiswi yang juga Atlit Tenis Meja Porprov ini turun dalam dua kategori, Tunggal Putri Mahasiswa dan Ganda Campuran Mahasiswa.

Selaras dengan Irmayana, pasangannya di Ganda Campuran Mahasiswa, M. Andika Rizky, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pun menyampaikan hal serupa. “Tentunya kita harus latihan dan persiapan lebih intens kembali. Meskipun sudah pernah berlaga pada ajang porprov, tetapi kita tetap meningkatkan intensitas latihan kita agar performa main kita lebih maksimal,” tambah Andika.

Pasangan ganda campuran PORPROV Sidoarjo yang pada ajang PORPROV Jatim lalu ini berhasil mendapatkan Juara 2 di partai final mengalahkan Tim unggulan dari IAIN Kediri yang diwakili Martha dan Fikri dengan hasil 3-0. Hal ini diluar dugaan, karena mereka mampu mengalahkan pasangan ganda campuran terbaik Jawa Timur.

Pada kategori tunggal putri mahasiswa, Irmayana yang kembali turun berlaga berhasil memenangkan pertandingan final melawan Zafirah, Perwakilan UNESA dengan skor 3-0. Kendati hal itu tidak dapat diikuti M. Andika Rizky yang juga turun di kategori tunggal putra mahasiswa. Andika harus mengakui keunggulan dari Fikri, perwakilan IAIN Kediri di babak perebutan tempat ketiga. Dengan hasil itu Andika pun hanya mampu menduduki urutan ke-4 pada kategori tunggal putra mahasiswa.

Beralih pada Bulutangkis, Tim UINSA yang berlaga pada UNAIR OPEN 2022 kali ini dibagi menjadi 2 Tim, Tim UINSA A dan Tim UINSA B. Pada partai final, Tim UINSA A mampu meraih juara dengan mengalahkan perwaklian dari Universitas Negeri Malang dengan Skor 2-1. “Pertandingan yang sengit. Karena kita harus bermain sampai rubber game pada tunggal putra. Bahkan kehilangan satu game pada ganda putra. Tetapi diakhiri dengan kemenangan 2 set langsung pada ganda campuran yang sekaligus mengantarkan kita sebagai juara 1 kategori beregu mahasiswa,” tutur pelatih Tim Bulutangkis, Suwidi.

Berlian Putri L. bersama dengan Zank Oscario D, penentu kemenangan pada partai final ini menyampaikan banyak pelajaran yang dapat diambil dari kejuaraan kali ini. “Sebagai tim kita harus kompak, kekeluargaannya juga harus ada. Kedepan, latihannya perlu di tingkatkan lagi agar dapat memberikan hasil yang maksimal semua sektor,” tambah Berlian.

Perjuangan Tim Bola Voli pun perlu mendapatkan apresiasi. Bertanding pada Kejuaraan Nasional Bola Voli Dies Natalis UNESA ke 58 tanggal 4-6 November 2022, tim ini harus mengalami kekalahan di pertandingan pertama. Belajar dari kesalahan sebelumnya, akhirnya dua pertandingan selanjutnya mampu mereka selesaikan dengan kemenangan, dan mengantarkan Tim Bola Voli UINSA ke partai final dengan predikat juara grup.

Pada partai Final, Tim Bola Voli UINSA menghadapi tim unggulan yang sekaligus tuan rumah, Tim UNESA A. Sebelum pertandingan, Coach Rere Dwi Kirana menyampaikan arahan agar tim bermain lebih bertahan dan tetap tenang dalam menyerang. Arahan ini terbukti membuahkan hasil dengan diraihnya gelar juara pada kejurnas kali ini mengalahkan Tim UNESA A dengan skor 3-0.

“Kami sangat bangga pulang dengan membawa nama baik kampus tercinta kita UIN Sunan Ampel Surabaya. Harus lebih giat latihan lagi untuk event selanjutnya, dan tetap menjaga kekompakan, disiplin, dan kerja keras,” tambah Coach Rere. (UKOR/HUMAS)