LPM Newsroom, Senin 14/8/2023.  LPM UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi salah satu Perguruan Tinggi Penyelenggra (PTP) Program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) tahun 2023 yang di tunjuk oleh Ditjen Pendis Kemenag RI. Saat ini LPM menyelenggarakan PKDP untuk Angkatan 1 dan 2 di The Southern Hotel  Surabaya.

PKDP merupakan program strategis untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi dosen PTK dalam empat hal: (1). Kapasitas Pedagogik; (2). Kapasitas Moderasi Beragama dan Kebangsaan; (3). Teknologi dan perubahan sosial; (4). Jabatan dan karir.

Kasubdit Ketenagaan, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis), Kementerian Agama RI, Ruchman Basori dalam sambutannya di pembukaan kegiatan PKDP mengatakan,”Seiring dengan persaingan yang semakin ketat antar universitas dalam hal peningkatan mutu akademik, maka tuntutan terhadap kualitas dosen terus ditingkatkan untuk melahirkan lulusan yang  berkualitas, sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional. Kompetensi dosen pada masa yang akan datang akan semakin berat, karena trend bisnis dan industry serta  teknologi mulai merambah ke dunia Pendidikan. Oleh karena kehadiran PKDP relevan dengan gagasan dan langkah nyata Kementerian Agama dalam meningkatkan kompetensi dosen. Selanjutnya kedudukan dan fungsi PKDP akan menjadi persyaratan dosen untuk mengikuti sertifikasi.”

PKDP terselenggara dengan pembiayaan dari anggaran Beasiswa Indonesia bangkit (BIB) Kementerian Agama yang merupakan beasiswa kolaboratif antara LPDP-Kemenag, kategori beasiswa Non Gelar.

PKDP dilakukan dengan dengan tiga pola, In Service Course -1 tanggal 14 – 19 Agustus 2023 secara luring, On Job Course di bulan Agustus – Oktober 2023 secara daring dan In Service Course-2 di bulan Oktober 2023 secara daring, dengan total waktu selama tiga bulan, Agustus – Oktober 2023.

Pada pola In Service Course-1 yang di lakukan pada tanggal 14 – 19 Agustus 2023 secara luring ini seluruh peserta sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan mulai jam 07.30 Wib – 22.00 Wib karena setiap materi ada penugan yang dikerjakan dan di presentasikan oleh seluruh peserta. [lila]

UNSA Surabaya:

Building Character Qualities: for the Smart, Pious, and Honourable Nation.

LPM UINSA Surabaya:

Prosedural, Quick Respons, Transparan

#BanggaUINSA

#AyoKuliahdiUINSA

#ItsMyDream

#ItsMyDestination

#UINSASurabaya

#UINSAJaya

#UINSAAkreditasiA

#UINSA(2)UniRank

#UINSA(3)Edurank

#UINSAISOCertified