Berita

14 ASN PPPK UINSA RESMI DILANTIK DAN TERIMA SK PENGANGKATAN

UINSA Newsroom, Rabu (16/08/2023); Sebanyak 14 pegawai PPPK UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya Tahun 2023 resmi dilantik dan mendapatkan SK Pengangkatan PPPK oleh Menteri Agama RI pada Selasa, 15 Agustus 2023. Pelantikan digelar secara luring dan daring bersama 29.069 Pegawai di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jakarta, serta di aula-aula pada satuan kerja (satker) Kemenag RI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam laporannya, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag., menyampaikan, bahwa PPPK Kemenag RI telah melalui proses yang cukup panjang. “Proses rekrutmen PPPK dimulai dari penetapan formasi, pembukaan, pendaftaran secara online, seleksi administrasi, seleksi kompetensi, tes moderasi beragama, penyampaian hasil seleksi, pemberkasan, hingga penetapan nomor induk. Sebanyak 29.069 PPPK yang hari ini dilantik terdiri dari 16.972 guru, 797 dosen, 951 penghulu, 9.295 penyuluh agama, serta 1.054 jabatan fungsional teknis yang tersebar di seluruh Indonesia pada satuan kerja Kementerian Agama, baik pusat maupun daerah,” ujar Prof. Nizar.

Sekjen Kemenag RI juga menambahkan, bahwa PPPK kali ini mendapatkan perhatian langsung dari Menang RI. “Ini merupakan kali pertama penyampaian SK Pengangkatan, Pelantikan, dan Pengambilan Sumpah Jabatan disampaikan langsung oleh Menteri Agama. Hal ini menunjukkan kepedulian Pak Menteri terhadap keberadaan seluruh ASN Kementerian Agama, tak terkecuali PPPK,” imbuh Prof. Nizar.

Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya berharap bahwa pelantikan PPPK ini menjadi jalan keluar bagi persoalan status pegawai non ASN. Menag RI juga berpesan, agar para PPPK yang dilantik tetap mempertahankan dan bahkan meningkatkan kinerjanya dalam pelayanan publik.

“Tetap ikhlas mengabdi ke bangsa dan jangan menurun kinerjanya karena telah menerima SK. Kementrian Agama adalah kementerian dengan postur jumbo karena gabungan dari berbagai elemen agama yang harus menjunjung tinggi nilai toleransi dan anti diskriminasi. Harapannya, tubuh besar ini dapat menjadi semangat yang besar dalam memberi pelayanan terbaik di bidang keagamaan dan pendidikan,” pesan Gus Men-panggilan akrab Menag RI.

Gus Men juga menambahkan, bahwa ada tiga hal yang harus dimiliki untuk menjadi ASN Kemenag yang berdaya. “PPPK yang dilantik hari ini harus smart, moderat, dan juga menjadi problem solver. Ini tiga hal yang harus Anda miliki agar menjadi ASN yang berdaya,” tegas Gus Men.

Gus Men mengingatkan, agar para PPPK yang telah dilantik untuk berterimakasih kepada kedua orang tua. “Hal ini penting karena doa orang tua ini yang mengantarkan kita ke titik kesuksesan ini serta memberikan kita energi untuk melakukan pelayanan terbaik bagi umat dan masyarakat,” jelas Gus Men.

“Berterima kasihlah ke Pak Jokowi karena sudah memberikan kebijakan ini. Ungkapkan dengan cara masing-masing karena kalian yang lebih tau bagaimana caranya,” imbuh Gus Men.

Berikut Daftar Nama Pegawai PPPK UIN Sunan Ampel Surabaya Tahun 2023:

  1. Mohammad Nuruddin Cahaya
  2. Nur Hayati
  3. Istofatillaili Devinta
  4. Teguh Taruna Utama
  5. M Luthfillah Habibi
  6. Hanik Faizah
  7. Risa Purnamasari
  8. Muhammad Yunan Fahmi
  9. Atok Syihabuddin
  10. Fathoniz Zakka
  11. Faruq Ibnul Haqi
  12. Hernik Farisia
  13. Herliyana Isnaeni
  14. Sufikrima Saadah

(All/Humas)